Sukses

5 Kebiasaan Ini Dapat Membantu Anda Belajar Lebih Efektif

5 tips berikut ini dapat membantu Anda belajar lebih cepat dan efektif.

Liputan6.com, Jakarta  Sebagian dari Anda kerap merasa iri ketika melihat orang lain dapat belajar dengan cepat. Memang beberapa orang yang memiliki kemampuan spesial selalu dapat menangkap dan menyerap ilmu dengan cepat. Berbeda dengan orang lain yang pada umumnya, harus berjuang lebih dalam proses belajar.

Percaya atau tidak, selalu ada cara untuk meningkatkan kemampuan belajar secara keseluruhan dan cepat. Seperti dikutip dari situs Lifehack, Rabu (25/10/2016) terdapat 5 tips untuk membantu Anda belajar lebih cepat dan efektif. 

1. Pilih Lingkungan yang Tepat

Lingkungan yang ideal dianggap menjadi tempat terbaik untuk belajar. Lingkungan dapat mempengaruhi Anda menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Cari tempat yang sesuai dengan ritme hidup Anda. Jika Anda tidak yakin di mana untuk mulai mencari, Anda juga dapat membayangkan diri Anda belajar di tempat yang berbeda untuk mendapatkan ide baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuliskan kembali

2. Tuliskan kembali

Anda telah membaca seluruh materi, lagi dan lagi, selama lebih dari 45 menit, ketika akhirnya Anda mengatakan "Oh! Saya pikir saya ingat itu! ".

Anda merenungkan apakah Anda harus menuliskannya untuk diri sendiri, dan kemudian Anda akhirnya menyimpulkan: "Tidak perlu, saya sudah ingat semuanya sekarang,". Dan kemudian Anda berpindah ke halaman buku selanjutnya.

Keesokan paginya Anda bangun dan bersiap-siap untuk pergi ke kelas. Kertas ujian diserahkan kepada Anda dan mata Anda tertuju pada satu pertanyaan, Anda menggaruk kepala Anda dan menyadari apa  yang sudah Anda baca semuanya hilang. 

Hal ini kerap terjadi pada kita semua, jika Anda ingin belajar lebih cepat untuk menghafal konsep tanpa melalui materi berulang-ulang, Anda harus menuliskan catatan dari apa yang baru saja Anda pelajar dengan tangan.

Ketika Anda melakukan itu, ini memberikan otak Anda kesempatan untuk berlatih dan mengingat kembali apa yang baru saja Anda pelajari hingga betul-betul meresap.

3. Asosiasi ide

Dalam rangka mempelajari sebuah hal panjang dan rumit, yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan informasi yang baru dikumpulkan dengan informasi yang sudah Anda miliki.

Misalnya, jika Anda memikirkan warna merah menjadi sebuah hal yang "penting", Anda dapat menandai informasi baru yang Anda anggap penting dengan ilusi warna merah pada pikiran Anda. Contoh lain dengan menggunakan sajak untuk menghafal atau bahkan menciptakan cerita kronologis dalam pikiran Anda.

Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda akan hal itu, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mempelajari informasi baru.

3 dari 3 halaman

Memberikan olahraga pada otak

4. Memberikan olahraga pada otak

Meskipun tidak secara teknis, kemampuan otak juga akan semakin kuat ketika terlatih. Dalam hal memori, kemampuan kognitif, dan kecepatan.  Anda dapat melatih otak Anda dengan belajar hal-hal baru dan bermain permainan yang mengharuskan Anda berpikir.

5. Banyak Membaca

Tidak aneh jika orang yang membaca secara teratur akan lebih cepat memahami materi yang sulit. Dengan membaca, Anda juga akan semakin mudah menyerap informasi tertulis. Tips ini cukup sederhana bukan? Perbanyaklah membaca bila ingin jika ingin melatih proses belajar dengan maksimal.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini