Sukses

7 Alasan Mengapa Anda Harus Traveling Keliling Dunia Saat Muda

Anda harus berani keluar menjelajahi dunia sekarang juga.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berpendapat mereka bisa traveling menjelajahi daerah di belahan dunia lainnya saat mereka dewasa nanti. Ada pula pendapat lain mereka menganggap kegiatan ini hanya bisa dilakukan saat mereka memiliki cukup uang. Namun kenyataan yang terjadi adalah mereka hanya terkungkung dalam pikirannya sendiri dan tidak berpindah kemanapun. Paradigma ini harus diubah, karena Anda harus berani keluar menjelajahi dunia sekarang juga. Inilah 7 alasan Anda harus traveling keliling dunia saat muda, dilansir dari Lifehack.org pada Rabu (12/10/2016).

Traveling mengubah cara Anda melihat dunia
Bila berpetualang dilakukan sedini mungkin seperti mengunjungi kota lainnya yang ada di daerah Anda, maka peluang Anda untuk mengerti keindahan dunia akan terbuka lebar. Mengamati hijaunya pepohonan, desiran angin di padang rerumputan hingga bunyi sahutan burung di udara akan menjadi sebuah keindahan yang hanya bisa Anda amati sekali seumur hidup. Anda akan menyadari bahwa dunia lebih indah daripada hal yang pernah dilihat sebelumnya.

Traveling mengubah cara Anda berhubungan dengan sesama
Ketika sudah mulai berpetualang, Anda akan belajar bagaimana kebudayaan yang ada ditempat berbeda. Menjalin persahabatan dengan orang yang berbeda kebudayaan akan melatih anda untuk menghargai kebiasaan, menghilangkan ketakutan dengan orang asing dan hidup di luar zona nyaman yang biasanya. Kegiatan ini juga meningkatkan kemampuan komunikasi Anda dan peluang belajar Bahasa baru terbuka lebar.

Traveling membuat sadar, bahwa Anda hanya sebagian kecil dari seluruh dunia ini
Setelah traveling ke penjuru dunia, akan muncul sebuah kesadaran bahwa kita hanya sebagian kecil dari hidup dan kita tidak tahu apa-apa tentang kehidupan. Biasanya, saat muda kita sangat percaya diri dalam menaklukkan hidup. Namun saat berpetualang, banyak kejadian sulit yang dihadapi dan hanya bisa diselesaikan dengan prespektif berbeda dari orang lain. Hasilnya, berpetualang akan mengajarkan bagaimana mengontrol diri dengan baik, dan belajar dari pengalaman orang lain.

Traveling memberikan keberanian untuk mengambil kesempatan baru
Selain membuatmu lebih bersahaja, berpetualang juga membuatmu lebih semangat menjalani hal baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Contohnya, ketika Anda biasanya mengendarai mobil di jalanan tol yang lengang, saat berpetualang, Anda harus berani membawa sebuah mobil off road di jalanan penuh lumpur di lereng gunung. Bila gegabah, bukan hanya mobil yang rusak, nyawa Anda bisa melayang. Jadi, dengan keberanian, Anda akan melewati seluruh tantangan yang ada saat berpetualang dan saat menjalani hidup.

Traveling meningkatkan empati pada penderitaan orang lain
Menjelajahi tempat baru juga memberikan Anda rasa keterkaitan dengan daerah tersebut. Anda dapat belajar bagaimana kehidupan penduduk yang kekurangan, hingga tidak memiliki alas kaki untuk berjalan. Perasaan egois Anda akan menghilang bila melihat tempat yang pernah dikunjungi, hancur karena peperangan. Dengan sendirinya, Anda akan senantiasa berbagi bila ada yang kekurangan.

Traveling mendorong Anda belajar hal baru
Pelajaran sejarah menjadi sesuatu yang kurang disukai oleh para pelajar di sekolah. Tapi, ketika Anda menjelajah ke tempat yang baru, sejarah akan menjadi sebuah cerita yang berharga dari setiap daerah. Bagaimana mereka mendirikan sebuah kota atau gedung yang menjadi ciri khas negara, atau bagaimana mereka hidup di sebuah desa yang terpencil akan membekas dalam pikiran. Petualangan akan membuka sebuah buku sejarah yang nyata di hadapan Anda.

Nikmati petualangan Anda saat ini, karena masa tua tidak akan pasti
Berpikir tentang masa depan sudah menjadi bagian yang hadir dalam rencana hidup Anda. Namun, satu hal yang pasti adalah, Anda tidak bisa menjamin, apakah usia anda akan mencapai 40, 50, atau 60 tahun. Bila Anda sudah berani traveling, maka tidak ada penyesalan apapun karena sudah berhasil menjelajahi berbagai tempat yang diinginkan. Meski hidup tersisa beberapa tahun lagi, Anda akan tetap bersyukur petualangan telah mengubah hidup dan akan terus menjelajah tempat baru lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini