Sukses

Kecerdasan Anda Dapat Diketahui Berdasarkan 2 Pertanyaan Simpel

Ketahui tingkat kecerdasan Anda dengan menjawab 2 pertanyaan simpel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Tes IQ bersifat membosankan dan biasanya berlangsung lama, namun baru-baru ini ditemukan sebuah cara sederhana untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang.

Dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Senin (12/9/2016), Ben Ambridge yang bekerja sebagai dosen senior bidang psikologi di University of Liverpool mengeluarkan tes sederhana bernama Psy-Q yang dapat mengungkapkan tingkat kecerdasan seseorang hanya dengan dua pertanyaan simpel. Pertanyaan adalah sebagai berikut.

1. Apakah hidup di daerah yang padat penduduk membuat Anda tidak bahagia?

a. Sangat             b. Sedikit                       c. Tidak sama sekali

2. Apakah Anda lebih memilih untuk bersosialisasi dengan teman-teman setiap hari daripada hanya sekali atau dua kali dalam seminggu?

a. Tentu saja!       b. Mungkin demikian       c. Tidak

Oke, jika Anda menjawab b atau c di pertanyaan pertama dan menjawab c di pertanyaan kedua, maka respons Anda sesuai dengan respons orang-orang yang cerdas. Mengapa? Dengan IQ rata-rata 100, penelitian yang dilakukan oleh Ben Ambridge menemukan bahwa daerah tempat tinggal yang padat mempengaruhi orang-orang dengan IQ yang lebih rendah, atau rata-rata 81. Sementara mereka yang memiliki IQ tinggi dengan rata-rata 116, hidup dengan baik dalam daerah yang padat penduduk.

Mereka juga menemukan bahwa orang-orang yang menghabiskan banyak waktu dengan teman-temannya cenderung memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi dan masuk dalam kategori IQ yang lebih rendah. Sedangkan orang-orang dalam kategori IQ yang lebih tinggi justru merasa kurang bahagia jika harus bersosialisasi terlalu sering dalam seminggu.

Meskipun demikian, para peneliti menemukan bahwa meskipun mereka yang memiliki IQ tinggi lebih nyaman hanya bersosialisasi sesekali dalam seminggu, mereka tetap menemui teman-temannya lebih sering dari yang diinginkan.

Tetap saja, Anda perlu melakukan tes IQ yang menyeluruh jika ingin mengetahui tingkat kecerdasan Anda yang sesungguhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini