Sukses

Aksi Heroik Seorang Pria Selamatkan Simpanse Tenggelam

Melihat seekor simpanse di kebun binatang tenggelam, seorang pria nekat menceburkan diri ke kolam dan menyelamatkannya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap kebun binatang di mana pun pastinya memiliki aturan yang cukup ketat dan sebagian besar melarang terjadinya kontak langsung dengan hewan sekalipun dianggap jinak. Mungkin Anda mengira hewan seperti simpanse cukup jinak untuk dipegang, tetapi hal itu keliru.

Namun, sebuah aksi heroik ditunjukkan oleh seorang pria paruh baya yang tengah berlibur ke kebun binatang di Detroit bersama istri dan anak-anaknya. Pria bernama Rick Swope tersebut dengan berani melompat ke kolam kandang simpanse untuk menyelamatkan salah satu spesies tersebut yang tengah tenggelam setelah terpeleset saat sedang bermain.

Seperti dilansir dari Elitereaders.com pada Kamis (23/6/2016), simpanse bernama Jo-jo tersebut diselamatkan oleh Rick ketika pihak penjaga kandang tak menyadarinya. Sontak, ketiga anak Rick berteriak dan minta pertolongan pihak kebun binatang untuk menolong ayahnya dari kemungkinan serangan simpanse.

Menurut beragam sumber dan ahli zoologi setempat, simpanse pada dasarnya tidak bisa berenang karena memiliki terlalu banyak otot ketimbang manusia. Kekuatan yang dimiliki simpanse pun 3 sampai 5 kali tenaga manusia sehingga aksi Rick tersebut terbilang berbahaya.

Saat diwawancara, Rick sendiri mengakui bahwa aksinya terbilang nekat karena kasihan dengan simpanse yang tenggelam. Ia berujar pula pada saat itu, para pengunjung hanya melihat kejadian itu tanpa melakukan apa-apa sehingga mendorongnya melakukan sesuatu.

Berikut video selengkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.