Sukses

6 Tips Agar Foto Sunset Jadi Lebih Berkesan

Memotret pemandangan matahari terbenam bukanlah perkara mudah, perlu persiapan agar hasil jepretan tak hanya sekadar gambar.

Liputan6.com, Jakarta Mengabadikan momen matahari terbenam merupakan satu hal yang selalu dilakukan banyak orang saat berwisata. Namun demikian, untuk mendapatkan hasil foto pemandangan matahari terbenam yang menawan bukanlah perkara mudah. Perlu persiapan khusus agar hasil yang didapat bukan hanya sekadar gambar. 

Diana Jarvis, seorang penulis perjalanan mengatakan, golden sunset merupakan waktu yang syahdu, saat itulah momen yang tepat untuk mengabadikan gambar pemandangan matahari terbenam. Seperti disarikan dari laman Roughguides, Senin (6/6/2016), berikut beberapa tips lain untuk mendapatkan foto matahari terbenam yang memukau.

Ketahui waktu terbenamnya matahari
Di era kemudahan informasi seperti sekarang ini, banyak aplikasi di gawai yang menawarkan info waktu matahari terbenam. Namun demikian, yang perlu Anda cermati adalah lamanya waktu matahari terbenam berbeda-beda di tiap lokasi. Semakin dekat lokasi Anda dengan garis khatulistiwa, semakin pendek waktu terbenamnya matahari. Sementara jika berada di Antartika saat musim panas, Anda bisa menonton matahari terbenam dalam waktu yang sangat panjang.

Sementara sambil mengunjungi museum atau galeri seni, Anda bisa menggunakan kompas atau aplikasi fotografi untuk mendapatkan ide yang lebih tepat dalam pengambilan gambar selama matahari terbenam. Dimana cahaya akan jatuh dan posisi mana yang belum pernah digunakan fotografer lain menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa.

Sunset tur

foto: roughguides.com

Mungkin ini terdengar asing di telinga banyak orang, namun aktivitas ini telah dilakukan banyak blogger travel dalam perjalanannya untuk mendapatkan hasil foto sunset yang bagus. Sunset tur mengharuskan Anda tetap bergerak mencari spot foto yang bagus. Mungkin ini akan sulit saat Anda menggunakan kendaraan umum, tapi bukan berarti Anda tidak bisa turun saat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang menawan.

Buatlah siluet
Banyak foto pemandangan matahari terbenam bertebaran di Instagram. Namun disayangkan, sebagian besar hanya sekadar gambar. Tak ada sesuatu yang menarik dari gambar yang dihasilkan. Untuk itu, buatlah sesuatu yang berbeda dalam foto sunset Anda, salah satunya dengan membuat siluet. Carilah bentuk yang menarik dalam lanskap, seperti arsitektur, pohon, maupun aktivitas orang-orang untuk membentuk komposisi foto matahari terbenam Anda menjadi lebih menarik.

Buatlah sesuatu yang baru

foto: roughguides.com

Banyak tempat wisata yang memiliki gardu pandang sebagai tempat untuk menyaksikan keindahan matahari saat terbenam. Tempat tersebut biasanya menjadi spot yang ramai digunakan fotografer saat mengambil gambar. Namun jika Anda mendambakan foto yang beda, Anda harus mendapatkan tempat lain. Pasang mata Anda dengan baik, dan temukan tempat alternatif untuk pilihan foto Anda agar tidak sama dengan yang lain.

Manfaatkan cahaya matahari

foto: roughguides.com

Saat merancang bangunan, seorang arsitek juga mempertimbangkan jatuhnya cahaya matahari. Hal ini penting agar bangunan tampak lebih menarik saat terkena sinar matahari, termasuk pada waktu matahari terbenam. Di banyak negara tropis, saat matahari terbenam merupakan waktu bagi orang-orang melakukan berbagai aktivitas, mulai dari memancing hingga aktivitas jual beli. Ada baiknya jika Anda memanfaatkan sisi humanis tersebut untuk mempercantik foto yang Anda hasilkan.

Potret bukit

foto: roughguides.com

Golden sunset merupakan saat yang tepat untuk memotret lanskap geografis, terutama perbukitan. Kualitas cahaya akan menerangi mineral yang berbeda dalam formasi batuan, dan mampu mengeluarkan warna menawan yang tidak terlihat di waktu lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini