Sukses

Bayi Badak Langka Lahir di Kebun Binatang Toronto

Kebun Binatang Toronto baru saja dikaruniai bayi badak langka yang menggemaskan.

Liputan6.com, Jakarta Seekor badak jantan terlahir di Kebun Binatang Toronto. Badak langka ini lahir dari pasangan badak Ashakiran (11) dan Wisnu (12). Bayi badak India yang tergolong langka dan menggemaskan ini merupakan kelahiran pertama yang berhasil selama 16 tahun terakhir. Kelahiran badak India ini sekaligus menjadi kabar gembira bagi spesiesnya, karena hanya 2.000-3.000 ekor yang tersisa di alam liar.

Kelahiran bayi badak langka terjadi pada Rabu (17/2/2016), dan diumumkan akhir minggu lalu. Pihak kebun binatang akan memantau dan memastikan bayi badak yang manis ini dijaga dengan baik.

"Bayi badak tampak sehat dan makan dengan baik, tetapi 30 hari pertama sangat penting dan staf akan terus memantau mereka (ibu dan bayi) dengan teliti," tulis pihak kebun binatang di akun instagram mereka @thetorontozoo.

Ashakiran yang merupakan ibu dari bayi badak jantan menggemaskan ini tetap dipantau kesehatannya agar dapat memberikan asupan yang cukup untuk sang bayi. Asha sebelumnya sempat melahirkan pada tahun 2011, namun bayi tersebut mati saat masih dikandungan karena Asha tidak mampu untuk mempertahankan kehamilan seperti sekarang.

Maria Franke, kurator mamalia, mengatakan "Asha adalah pada pinjaman dari kebun binatang Los Angeles dan itu adalah kemitraan yang akan membawa kita satu langkah lebih dekat untuk upaya konservasi secara keseluruhan menyelamatkan spesies luar biasa ini," tuturnya.

Masa kehamilan badak biasanya berlangsung 425-496 hari, atau sekitar 16 bulan dan hanya melahirkan satu anak. Untuk menjaga kehamilan ini, Asha diberikan progesteron oral. Selamat lahir kedunia bayi badak India yang menggemaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini