Sukses

Ritual Pagi Hari yang Buat Anda Bahagia

Berikut ini beberapa ritual di pagi hari yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Memulai pagi dengan sesuatu yang baik bisa memengaruhi kesuksesan Anda menjalani aktivitas pada hari tersebut. Jika Anda ingin produktif, perasaan sejahtera dan pola hidup sehat merupakan kunci untuk sukses.

Untuk mencapai perasaan sejahtera dan pola hidup sehat, beragam cara dapat Anda lakukan salah satunya kurnagi penggunaan telepon seluler. Seperti dilansir dari Lifehack pada Selasa (1/12), Liputan6.com merangkum beberapa ritual yang dapat Anda lakukan di pagi hari agar lebih bahagia.

1. Non-aktifkan gadget Anda
Sebagian besar orang tidur dengan handphone yang masih aktif. Hal pertama yang mereka lakukan setelah bangun adalah memeriksa email, media sosial, dan aplikasi lainnya. Menurut penelitian yang dilakukan Pew Research Center menyatakan bahwa 67 persen pemilik telepon genggam memeriksa perangkat mereka walaupun tidak ada pesan yang masuk. Penelitian lainnya bertajuk FOMO (Fear of Missing Out) atau takut kehilangan sesuatu yang dilakukan peneliti dari Inggris juga mengungkapkan hal serupa.

Cobalah untuk mematikan gadget Anda saat tidur untuk merasakan hal baik disekitar ketika terbangun. Gunakan waktu Anda yang berharga tersebut dengan meditasi, membaca buku, atau menikmati waktu mandi di pagi hari.

2. Mulailah mengonsumsi sesuatu yang "hijau"
Mengonsumsi sayur-sayuran hijau memberikan dampak baik untuk tubuh. Sayuran melengkapi tubuh Anda dengan vitamin, mineral alkalin, anti oksidan, phyto nutrisi, klorofil yang baik untuk kesehatan. Mulailah dengan membuat salad sederhana atau minum jus sayuran. Mengawali pagi hari dengan sayuran hijau juga langkah yang baik untuk menghadapi hari dan merasa bahagia.

3. Gerakan tubuh Anda
Tak ada keraguan dari manfaat berolahraga pada kesehatan fisik dan mental. Selain itu, mood dan produktifitas Anda juga berpengaruh. Kalau Anda tidak bisa berolahraga secara rutin, melakukan beberapa aktivitas juga bisa jadi alternatif.

Beberapa contoh aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan rasa bahagia, seperti yoga, menari, hiking, tenis, berenang, pilates, dan bersepeda. Beraktivitas juga mengembangkan fungsi kognitif Anda. Hal ini dapat mempengaruhi pada kesuksesan dan pengambilan keputusan.

4. Meditasi
Beberapa studi menunjukkan bahwa meditasi mampu menjadi media penyaluran stres dan menolong Anda melewati waktu dengan bijak dan tenang. Paling tidak, luangkan waktu lima sampai sepuluh menit untuk duduk diam dan tenang. Hal tersebut dapat membuat Anda lebih fokus dan berarti dalam menjalani hari.

5. Rencanakan hari Anda sebelum mulai bekerja.
Kalau Anda tergolong orang yang panik sehingga sulit untuk lepas dari handphone, perencanaan matang bisa jadi alternatifnya. Banyak alat dan cara yang bisa dipilih untuk mengatur waktu dan kegiatan Anda sehingga bisa membuat Anda, seperti pengaturan email. Dengan demikian, Anda memiliki waktu berharga untuk bisa mengarahkan diri menjadi pribadi yang lebih bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini