Sukses

5 Tempat Terbaik Rayakan Pesta Air Songkran Festival di Thailand

Perayaan Songkran Festival dilangsungkan di hampir seluruh wilayah Thailand mulai dari ujung Utara hingga Selatan.

Liputan6.com, Thailand Bila bagi penduduk Indonesia hari yang paling ditunggu adalah hari Lebaran dan Natal, maka berbeda dengan penduduk Thailand yang tiap tahunnya menanti-nanti Songkran Festival.

Seperti yang dikutip dari Songkran2014.com, Senin (14/4/2014), perang air ini adalah salah satu kegiatan yang menjadikan Songkran populer di mata dunia.

Pada perayaan Songkran, penduduk Thailand saling menyiramkan air kepada siapapun yang muncul di jalan, termasuk para turis. Semua orang menyiapkan air di dalam ember, selang air atau pistol air yang disebut water gun.

Terkadang, air yang disiapkan diberi pewarna untuk menambah efek meriah ketika air disemprotkan. Meski demikian, air yang disarankan adalah air bersih agar tidak menyebabkan sakit.

Perayaan Songkran berlangsung di hampir seluruh wilayah Thailand mulai dari ujung Utara hingga Selatan. Selain bermain air, mereka juga berpesta, mengunjungi kuil dan berkumpul bersama seluruh keluarga, seperti yang dilansir dari Huffingtonpost.

Jika Anda ingin merasakan langsung kemeriahan Songkran Festival, berikut tempat-tempat perayaan Songkran yang meriah untuk diikuti di Thailand:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bangkok

Bangkok

Di Bangkok, perayaan Songkran terbesar akan dilangsungkan di Banglamphu, terutama Khao San Road, Rattanakosin Royal Square, Phra Athit Road, Santhichaiprakan dan Wisut Krasat.

Di area Khao San Road, perayaan berlangsung lebih meriah karena area ini merupakan area dimana para turis tinggal di Bangkok.

Sementara di area lainnya, perayaan Songkran berlangsung lebih khidmat dengan menyiramkan air ke patung Buddha, atau berdoa. 

3 dari 6 halaman

Chiang Mai

Chiang Mai

Perayaan Songkran paling lama berlangsung di Chiang Mai, sebuah kota di sebelah utara Thailand. Di kota ini, perayaan Songkran bisa berlangsung selama seminggu atau lebih.

Festival Songkran di Chiang Mai tidak hanya dirayakan oleh penduduk lokal tetapi juga wisatawan asing yang khusus datang untuk mengikuti festival tersebut. 

Keunikan Perayaan Songkran di Chiang Mai adalah adanya keterlibatan para gajah. Di sini, biasanya para penduduk dan turis tak hanya saling menyiramkan air satu sama lain, tetapi juga kepada gajah!

Selain perang air, para wisatawan yang hadir dapat pula menuangkan air beraroma melati pada patung Buddha serta menikmati berbagai kuliner khas daerah setempat.

4 dari 6 halaman

Pattaya

Pattaya

Topografi Pattaya yang letaknya dikelilingi oleh tanaman padi ini, membuat Songkran Frestival sekaligus dirayakan untuk memohon hujan terutama ketika musim tanam hampir datang.

Sebuah parade akan diadakan selama hari perayaan yang dimulai dari area kota dan berakhir di Beach Road dimana ditampilkan pula acara budaya. Namun, tentu saja puncak acara ini juga berakhir dengan perang air.

5 dari 6 halaman

Phuket

Phuket

Setelah bencana yang terjadi beberapa tahun yang lalu, Phuket masih terdaftar menjadi salah satu kota yang dipilih sebagai tempat dilangsungkannya Songkran festival.

Berbagai acara akan diselenggarakan di kota ini, salah satunya perang air. Selain itu penduduk di Phuket juga akan saling berkunjung ke rumah sanak saudara kemudian melangsungkan doa bersama.

Kemeriahan Songkran Festival di area ini biasanya juga dibarengi dengan pentas musik.

6 dari 6 halaman

Khon Kaen

Khon Kaen

Terletak di jantung Timur Laut Thailand , Khon Kaen telah membawa banyak kejutan pada Songkran Festival tahun ini. Di daerah ini, perayaan Songkran dikenal juga dengan nama 'Sticky Rice'.

Sepanjang perayaan berlangsung, hiburan seperti parade menghias gerobak sapi , festival makanan, kompetisi Petanque, merupakan yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini