Sukses

Incar Suara Pemuda Hingga Cara Zulkifli Hasan Dongkrak UMKM Jatim Naik Kelas

Kegiatan tersebut melibatkan ratusan pemuda dan puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menenangah (UMKM)

Liputan6.com, Surabaya Partai Amanat Nasional (PAN) berkolaborasi dengan Jak Cloth menggelar acara Pesta Anak Nongkrong di Surabaya. 

Kegiatan tersebut melibatkan ratusan pemuda dan puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menenangah (UMKM) di Lapangan Ole-Ole Ngagel, Surabaya. 

Acara tersebut dihadiri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama sejumlah kadernya diantaranya Raffi Ahmad, Eko Patrio dan Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig. Walaupun tidak secara langsung mengarahkan peserta yang hadir untuk memilih PAN, namum mereka menggaungkan pemilu damai. 

"Acara ini digelar oleh PAN, ayo pilih partai yang sesuai dengan hati nurani dan yang pasti buat pemilu ini menjadi damai," ujar Raffi Ahmad di hadapan ratusan pemuda yang hadir di acara tersebut, Minggu (24/12/2023) malam. 

Selain itu, Raffi juga menyatakan selalu mendukung perkembangan industri UMKM, terlebih saat ini masih banyak pelaku usaha di sektor tersebut yang baru bangkit usai terdampak pandemi.

Sultan Andara itu optimistis ketika UMKM bergeliat, maka kondisi perekonomian Indonesia semakin terangkat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Emas

"Saya setuju dengan UMKM yang harus diberikan ruang dan tempat, apalagi setelah pandemi ini banyak yang baru bangkit jadi harus diberikan ruang. Bayangkan saja kalau hidup, maka ekonomi bangsa juga semakin hidup," ujarnya.

Raffi juga berkomitmen terus membantu mengembangkan usaha milik para pelaku UMKM, sama seperti ketika masa pandemi Covid-19.

"Saya kalau sama UMKM nol rupiah, waktu Covid-19 itu bisa sampai 50 kali sehari mempromosikan UMKM dan itu semua gratis," ucapnya. 

Sementara itu, Zulkifli Hasan mengatakan, acara ini merupakan langkah memberikan wadah mempromosikan beragam merek dagang milik pelaku UMKM. 

"UMKM itu pondasi itu pendukung utama perekonomian Indonesia," ujarnya. 

Oleh karena itu, ia mengungkapkan, jika target Indonesia Emas di 2045 terwujud, maka industri UMKM Tanah Air musti dilakukan penguatan. 

Baik itu dari segi jaringan pemasaran, peningkatan kualitas, hingga inovasi yang ditampilkan pada produk dagangan. "Jadi kalau Indonesia maju di 2045, maka yang menentukkan itu UMKMnya," ucap Zulkifli Hasan. 

Diketahui, acara di Surabaya ini juga menjadi rangkaian acara serupa yang sebelumnya digelar oleh PAN di Semarang dan Bandung dengan menggandeng Jak Cloth.

 

Sementara acara yang digelar oleh PAN itu juga turut menghadirkan sejumlah band Tanah Air, seperti Stand Here Alone, Icez Buzz Ikmal Tobing Mita Of T.R.I.A.D tribute to Dewa 19, Pertelon Koplo, Fake Dopp, Tersesat di Teras, hingga Semalam Suntuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini