Sukses

Transformasi Berbasis Penerapan GRC Antar Peruri Raih Penghargaan Ini

Penerapan GRC di Peruri mengacu pada Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-02/MBU/03/2023 sebagai wujud komitmen Direksi Peruri atas pelaksanaan manajemen risiko, tata kelola perusahaan yang baik dan kepatuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjawab tantangan globalisasi, Peruri telah bertransformasi tidak hanya fokus menjalankan bisnis konvensional tetapi juga merambah ke bisnis digital security. Transformasi Peruri tidak luput dari penerapan Governance, Risk and Compliance (GRC) yang baik, sehingga Peruri berhasil meraih penghargaan 5 Star Silver kategori The Best GRC For Corporate Risk Management 2023 dalam ajang GRC & Performance Excellence Award 2023.

Penghargaan ini diterima oleh Adi Sunardi, Head of Corporate Secretary Peruri dan Dien Rusda Arini selaku POH Kepala Departemen Manajemen Risiko Peruri pada Rabu (30/8) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Setelah melewati proses penjurian pada 9 Agustus lalu, Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri Gandung Anggoro Murdani, juga diganjar sebagai The Best Chief Human Capital for GRC Culture Transformation 2023.

“Peruri terus mendorong seluruh karyawan untuk menerapkan GRC yang baik sesuai dengan nilai-nilai dan penerapan manajemen risiko, serta terus berinovasi untuk menyukseskan transformasi digital perusahaan,” kata Gandung.

Menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), perusahaan perlu refocusing penerapan manajemen risiko disertai dengan pengoptimalan tata kelola perusahaan (Corporate Governance), dan kepatuhan (Compliance) yang terintegrasi untuk mendorong peningkatan bisnis dan daya saing.

“GRC dapat membantu dalam hal kepatuhan yang efektif dimana setiap hasil review, evaluasi, dan audit bisa menjadi pengembangan serta perbaikan ke depannya untuk pengambilan keputusan yang sifatnya lebih proaktif,” kata Gandung.

Penerapan GRC di Peruri mengacu pada Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-02/MBU/03/2023 sebagai wujud komitmen Direksi Peruri atas pelaksanaan manajemen risiko, tata kelola perusahaan yang baik dan kepatuhan. Peruri juga telah memiliki kebijakan sebagai dasar penerapan GRC di perusahaan.

Manajemen risiko Peruri dilaksanakan dengan metode Enterprise Risk Management (ERM) dengan tujuan mengelola risiko perusahaan secara menyeluruh yang menjangkau berbagai jenis risiko, lokasi dan aktivitas bisnis yang mengacu pada ISO 31000:2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Peruri adalah BUMN yang ditugasi untuk mencetak uang rupiah (baik uang kertas maupun uang logam) bagi Republik Indonesia.

    Peruri

Video Terkini