Sukses

5 Kerjaan Sampingan Mudah Minim Modal, Cek Daftarnya

Kerjaan sampingan jadi cara yang bagus buat menambah uang karena banyak bisnis yang bisa dimulai tanpa modal.

Liputan6.com, Jakarta - Kerjaan sampingan jadi cara yang bagus buat menambah uang karena banyak bisnis yang bisa dimulai tanpa modal. Apalagi di tengah teknologi digital dan banyaknya marketplace, membuat kita semakin mudah berjualan di platform terkenal.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai platform membangun bisnis atau membuat konten agar mendapatkan penghasilan dari brand yang mengajak kerja sama. 

Jika masih bingung, kamu bisa lakukan pekerjaan di bawah untuk meraup cuan lebih maksimal:

Blogging

Blogging bisa menjadi pekerjaan sampingan melalui menulis yang kita sukai, membangun brand sendiri, dan bisa jadi lahan kesempatan bisnis. Seperti Tori Dunlap yang membangun blognya di 2016 sebagai platform konsultasi finansial. Hari ini, bisnisnya sudah meraup 3 juta pengikut di Tiktok dan Instagram. 

Awalnya dia mulai menulis blog dengan modal 40 USD untuk membuat situs web dan membeli domain. Karena konsistensinya, Dunlap mendapat penghasilan lebih dari 4 Juta USD pada 2022 dan telah berkembang pesat dari blog menjadi siaran podcast dan menulis buku.

Membuat Konten

Giselle Gonzales, seorang kreator konten yang membuat konten di media sosial. Sebagai ibu rumah tangga yang ingin kerja dari rumah, dia memulai review produk hair care di lamannya. Akhirnya, ia malah jadi kerja sama dengan brand yang tersebut.

Sekarang Giselle mendapat 5000 USD setiap bulan dari bikin konten. Membuat konten ini adalah usaha yang minim modal karena hanya butuh hp dan aplikasi video editing. Jika kamu sudah besar dari membuat konten sosmed, kamu bisa investasi tripod, lighting, backdrop, dan alat-alat digital lainnya.

Virtual Asisten

Vivian Garcell sudah jadi asisten virtual sejak 2017. Dia mulai jadi pekerja lepas sebagai saat bekerja di korporat. Waktu dia memutuskan resign dari korporat,  pekerjaannya sebagai asisten virtual dimaksimalkan. Garcell tidak pernah mengambil kursus apapun sebagai asisten virtual karena ia gunakan skill-nya saat bekerja di kantor. Akhirnya, Garcell bisa mendapat USD 140.000 dalam setahun.

Reseller

Sekarang vintage market menjadi populer. Barang-barang yang jarang dipakai jadi bisa dipakai lagi bahkan bisa dijual. Mona Meija, wanita 44 tahun mendapatkan USD 735.000 dari menjual barang preloved, mainan anak, dan alat-alat rumah tangga. Ia menggunakan  livestreaming Instagram dan Tiktok untuk menjajakan dagangannya.

Ebooks

Bri Bucks, pemilik salon dan coach bisnis memulai usaha sampingannya setelah suaminya wafat pada 2018. Setelah itu, ia mendapat ide untuk merilis ebook tentang bisnis. Dia membuat posternya menggunakan template Canva dan mempromosikannya ke media sosial.

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.