Sukses

Tak Perlu Repot, Ini Cara Mudah Membersihkan Sofa

Di beberapa kasus, sofa cukup dibersikan dengan menggunakan vakum. Tapi dalam kasus lainnya, membersihkan sofa butuh ketelitian. Terutama jika sofa terkena cairan berwarna yang membuatnya bernoda.

Liputan6.com, Jakarta - Sofa selalu jadi pilihan untuk spot paling nyaman di rumah. Karena selalu jadi tempat melakukan banyak hal, jangan heran kalau sofa selalu mudah kotor. Lalu gimana cara membersikan sofa kotor di rumah?

Di beberapa kasus, sofa cukup dibersikan dengan menggunakan vakum untuk menyedot debu-debu tak kasat mata yang menempel di sofa. Atau jika sofa terbuat dari kulit dan kulit sintetis, Anda hanya perlu mengelap dan mengeringkannya. Sedikit semprotan sanitizer mungkin dibutuhkan supaya sofa menjadi lebih higienis.

Tapi di beberapa kasus, membersihkan sofa butuh ketelitian. Terutama jika sofa terkena cairan berwarna yang membuatnya bernoda.

Jika memiliki budget lebih, Anda bisa memanggil jasa pembersih untuk membersihkan sofa kesayangan. Namun, untuk menghemat pengeluaran Anda bisa membersihkan sofa dengan beberapa cara sederhana.

Untuk membersihkan sofa di rumah, Anda hanya perlu menyiapkan waktu dan beberapa alat, tergantung dari bahan dan seberapa kotor sofa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Sofa Kulit

Membersihkan sofa kulit atau sofa kulit sintetis sebenarnya lebih mudah ketimbang sofa kain. Terutama jika tidak ada noda membandel.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara sederhana membersihkan sofa kulit di rumah.

1. Lap Dengan Kain Microfiber

Untuk menghilangkan remah-remah atau kotoran yang mungkin bertebaran di atas sofa, Anda bisa menggunakan lap microfiber. Pastikan untuk membersihkan semua permukaan sofa sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Vakum Sofa

Vakum sofa dengan menggunakan sambungan berujung sempit, yang dapat memungkinkan untuk masuk ke setiap celah sofa. Pastikan untuk memvakum setiap celah sofa untuk menyingkirkan kotoran dan remah-remah makanan yang terselip.

3. Gunakan Pembersih Kulit

Anda bisa menggunakan larutan sabun lembut atau mengoleskan pembersih kulit ke seluruh permukaan sofa dengan menggunakan kain lembab yang lembut. Jangan lupa untuk membilasnya dengan kain bersih lainnya, untuk membersihkan sofa sekaligus mengeringkannya.

4. Oleskan Pelindung Kulit

Jika sofa terbuat dari kulit asli, pastikan untuk mengoleskan pelindung yang dapat memudahkan Anda untuk membersihkan noda, yang mungkin muncul di kemudian hari.

5. Semprotkan Penyegar

Untuk mengakhiri proses pembersihan sofa dengan menyemprotkan penyegar kain ke seluruh permukaan sofa.

Penyegar kain dapat menghilangkan bau-bau tak sedap yang mungkin menempel di sofa, terutama jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah.

3 dari 3 halaman

5 Cara Membersihkan Sofa Kain

Memiliki sofa kain memang membutuhkan perhatian ekstra, terutama jika terkena noda. Cara terbaik membersihkan sofa jenis ini adalah dengan memperhatikan label perawatan.

Biasanya label perawatan mencantumkan cara-cara ampuh untuk membersihkan sofa.

Bahkan Komisi Perdagangan Federal (FTC) AS telah mewajibkan produsen furnitur untuk menambahkan label untuk membantu pemilik menentukan cara terbaik dan teraman untuk membersihkan pelapis. Namun, Anda bisa melakukan pembersihan berkala dengan vakum, setidaknya setiap bulan untuk menghilangkan debu.

Nah, berikut adalah beberapa cara membersihkan sofa kain yang bisa Anda lakukan.

1. Vakum Sofa

Debu dan kotoran dapat mengendap dan membuat sofa terlihat kusam dan kotor. Jadi pastikan untuk menyedot debu secara teratur.

Penyedot debu yang paling efektif adalah penyedot debu dengan selang yang dilengkapi dengan sambungan tambahan, termasuk sikat, powerhead, juga corong yang dapat menyedot berbagai celah sempit.

Anda bisa mulai dengan memvakum bagian atas sofa, dan baru melanjutkannya ke celah-celah sempit dengan sambungan tambahan yang tersedia. Pastikan untuk melakukannya ke seluruh bagian sofa, termasuk bagian bawah bantal yang dapat dilepas, bagian belakang sofa, dan kain yang menempel pada rangka sofa.

2. Gunakan Pelarut Dry Clean

Cara membersihkan sofa kain juga bisa dilakukan dengan cara dry clean. Hanya saja cara ini membutuhkan perhatian ekstra.

Pastikan Anda mematikan semua sumber api, termasuk lilin, dan jangan merokok meski menggunakan rokok elektrik saat akan membersihkan sofa dengan teknik ini.

Selain itu, pastikan Anda untuk memindahkan sofa ke area yang lebih terbuka karena asap pelarut dry clean sangat kuat. Pastikan juga untuk melindungi permukaan lantai, terutama kayu karena pelarut dry clean dapat merusak lapisan kayu secara permanen.

Sebelum membersihkan sofa secara menyeluruh, Anda bisa melakukan tes terlebih dahulu. Terutama di area noda pada sofa. Pilih tempat yang tidak mencolok, kemudian basahi kain mikrofiber putih dengan sedikit pelarut dan gosokkan ke area yang bernoda.

Biarkan area tersebut mengering. Perhatikan perubahan warna atau transfer pewarna ke kain. Jika tidak ada, produk ini aman digunakan untuk membersihkan area yang lebih luas

4. Bersihkan Area yang Sangat Kotor

Untuk membersihkan noda dan area yang sangat kotor seperti sandaran tangan, basahi kain bersih dengan larutan dry clean. Mulailah dari tepi luar area yang kotor untuk mencegah noda menyebar, gunakan kain lain untuk menyerap kotoran.

Pelarut dry clean sangat efektif pada noda berminyak, tetapi mungkin tidak menghilangkan semua noda berbasis air seperti Kool-Aid atau anggur yang mengandung pewarna atau tanin.

5. Keringkan Pelapisnya

Jika ingin sofa cepat kering, Anda bisa mempercepat proses pengeringan dengan menempatkan kipas di dekat sofa. Namun, jangan gunakan pengering rambut atau setrika untuk mempercepat pengeringan. Jauhkan sofa dari sumber api sampai semua asap hilang.

Itu dia beberapa cara membersihkan sofa yang bisa Anda ketahui. Cukup mudah kan? Pastikan untuk membersihkan sofa secara rutin, ya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.