Sukses

Danau Unesa Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata Baru Kota Pahlawan

Pemkot Surabaya menilai Danau Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memiliki potensi menjadi destinasi wisata baru di Kota Pahlawan

Liputan6.com, Surabaya - Danau Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dinilai memiliki potensi menjadi destinasi wisata baru di Kota Pahlawan. Pemkot Surabaya akan menyulap kawasan itu dengan konsep yang tidak jauh berbeda dengan wisata Perahu Air Kalimas.

"Semoga Pemkot Surabaya bisa segera membuka objek wisata baru di kawasan Surabaya barat itu," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Sabtu (16/07/22).

Untuk mengembangkan potensi wisata Danau Unesa, menurut Edhy, Pemkot Surabaya menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Surabaya. Dia menjelaskan kerja sama yang sudah terjalin hingga saat ini, yakni pertama, program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

"Diaman dalam program itu akan menugaskan para mahasiswa atau peserta kuliah kerja nyata (KKN) untuk membantu berbagai program milik pemkot," ujar Edhy.

Kemudian, Pemkot Surabaya juga bersinergi dalam pengembangan UMKM di kawasan Unesa di wilayah Surabaya barat. Mahasiswa yang akan praktik, bisa bersinergi memanfaatkan kawasan Danau Unesa untuk menggerakkan sentra PKL.

"Kemudian Unesa akan membuka Fakultas Kedokteran Olahraga. Salah satu rumah sakit yang berkolaborasi untuk menjadi rumah pendidikan adalah RSUD Bhakti Dharma Husada (BDH) Kota Surabaya," terang Edhy.

Edhy menerangkan, Pemkot Surabaya sudah melakukan kolaborasi luar biasa dengan Unesa. Pemkot Surabaya tidak bisa melepaskan gotong-royong dan sinergitas bersama perguruan tinggi, salah satunya Unesa.

"Karena perguruan tinggi mempunyai kelebihan untuk mendukung berbagai program untuk kepentingan masyarakat Kota Surabaya," terang Edhy.

Sementara itu, Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan mengatakan, dukungan Pemkot Surabaya mampu mewujudkan cita-cita untuk membangun dan mengembangkan Kota Pahlawan. Baik dalam bidang pendidikan, olahraga, hingga pariwisata.

"Selaku perguruan tinggi yang memiliki sarana, prasarana dan SDM, maka kami sinergikan dengan Pemkot Surabaya. Kami sudah mendiskusikan dan melakukan berbagai aksi di kawasan Surabaya barat, untuk bisa memberikan peluang bagi masyarakat di sekitar kampus," ujar Nurhasan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.