Sukses

Bagaimana Sistem Pemadaman Api Otomatis saat Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran?

Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Josiah Michael pun mempertanyakan hal tersebut.

Liputan6.com, Surabaya - Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Josiah Michael mempertanyakan sistem pemadam kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) 5 Jalan Embong Malang Kota Surabaya, Jatim, yang dinilai kurang berfungsi saat terjadi kebakaran pada Rabu (13/4/2022) sore.

"Saya heran dengan kebakaran yang terjadi di TP 5. Seharusnya gedung yang masih relatif baru itu sistem pemadam kebakarannya juga masih baru dan canggih. Tapi kenapa kebakaran bisa sebesar itu dan itu membahayakan pengunjung," kata anggota Komisi A DPRD Surabaya Josiah Michael di Surabaya, Kamis (14/4/2022). 

Menurut informasi yang diterima Josiah dari pengunjung di lokasi kebakaran,  petugas keamanan di Tunjungan Plaza Surabaya malah panik semua dan tidak ada standar operasional prosedur (SOP) penanganan kebakaran yang dijalankan.

"Padahal hydran kan ada dimana-mana. Ini harus menjadi catatan penting. Untung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu," kata dia.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya minta Pemkot Surabaya dan dinas terkait untuk memeriksa sistem keamanan gedung. Josiah mengatakan jika sistem keamanan gedung tidak berfungsi dengan benar atau tidak layak, maka pihaknya merekomendasikan untuk ditutup.

"Jangan sampai ada masyarakat yang menjadi korban jiwa. Pengusaha jangan hanya memikirkan keuntungan saja, keselamatan pengunjung juga wajib diutamakan," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung Panik

Apalagi, kata dia, saat kejadian berlangsung, pengunjung menunggu waktu berbuka puasa. "Kan kasihan juga pengunjung yang lapar dan haus menunggu berbuka puasa harus berlarian dengan panik," kata Josiah.

Meski demikian, Josiah mengapresiasi kepada petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya yang dengan cepat melakukan pemadaman api di lokasi kebakaran. Tidak hanya, dia juga mengapresiasi petugas Satpol PP, Linmas, Dishub setempat dan kepolisian yang bekerja keras membantu penanganan kebakaran.

Diketahui Tunjungan Plaza (TP) yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya itu terbakar hebat pada pukul 17.37 WIB, Rabu (13/4) sore. Tampak dari luar gedung api membumbung tinggi hingga beberapa material yang terbakar sempat runtuh sampai ke bawah.

Dalam peristiwa tersebut, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya dengan sigap menerjunkan puluhan personil untuk memadamkan si jago merah.

Sebanyak 28 unit mobil pemadam dikerahkan di antaranya 3 unit Bronto Skylift andalan DPKP Surabaya juga diterjunkan memadamkan api, tiga unit mobil ukuran 52 meter, 45 meter dan 104 meter menembakkan air dari luar gedung.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.