Sukses

Asiknya Ngabuburit di CFD Surabaya Sambil Berburu Takjil

Mulai pukul 15.00 WIB, instansi terkait mulai melakukan penutupan Jalan Tunjungan. Barier dijajar melintang jalan sebagai tanda telah dibukanya CFD.

Liputan6.com, Surabaya - Car Free Day (CFD) Jalan Tunjungan dan Jalan Raya Darmo resmi dibuka pada Minggu (10/4/2022) sore. Selain berolahraga tanpa adanya kendaraan yang melintas, warga jugabisa berburu takjil untuk berbuka puasa di lokasi itu.

Mulai pukul 15.00 WIB, instansi terkait mulai melakukan penutupan Jalan Tunjungan. Barier dijajar melintang jalan sebagai tanda telah dibukanya CFD.

Di area Jalan Tunjungan, tepatnya di sisi Jalan Tanjung Anom, lapak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berjajar rapi menjajakan berbagai kuliner untuk berbuka puasa. Begitu pula di Jalan Genteng, stan-stan UMKM juga ramai diserbu para pencari takjil.

Salah satu pengunjung, Budiono mengaku senang dengan dibukanya kembali CFD di Kota Pahlawan. Menurutnya, CFD ini sangat pas digelar sore hari ketika Ramadhan. Selain jadi tempat berburu takjil juga bisa dijadikan wisata murah meriah bersama keluarga.

"Cukup senang ya, karena CFD sekalian ngabuburit ini kan pertama kali di Surabaya. Setelah tahu dari sosial media (sosmed) mau digelar CFD sore, saya rencanakan datang bersama keluarga," katanya, Minggu (10/4/2022).

Menurutnya CFD akan lebih meriah lagi bila ada stan selain kuliner, seperti pernak pernik, busana dan lain sebagainya. Karenanya, ia juga menyarankan agar CFD bisa digelar secara berkelanjutan di Jalan Tunjungan maupun Jalan Raya Darmo.

"Jadi kalau bisa bukan hanya makanan dan minuman tapi juga ada lainnya biar makin betah di CFD. Selain itu, kalau Ramadan kan enak ya sore-sore seperti ini," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Selain cocok untuk berburu takjil, rupanya CFD sore hari juga menarik minat kawula muda untuk berfoto hingga menikmati musik sembari menunggu azan magrib tiba untuk berbuka puasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, setelah dinyatakan status PPKM Surabaya menjadi level 1, semua taman dibuka begitu juga dengan CFD.

"CFD di digelar sore hari, selain untuk memperbaiki kualitas udara Kota Surabaya, juga untuk ngabuburit dan membangkitkan ekonomi kerakyatan, salah satunya UMKM," kata Hebi.

Setelah Ramadan lanjutnya kemungkinan konsep CFD akan dibuka kembali pada pagi hari seperti sebelum ada pandemi Covid-19. Begitu dengan taman-taman yang sebelumnya ditutup juga dibuka kembali untuk pengunjung.

Selain di CFD Jalan Tunjungan dan Jalan Raya Darmo, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga menyediakan tempat untuk Pasar Ramadhan UMKM di Jembatan Suroboyo. Akan tetapi, jadwal buka antara CFD dan Pasar Ramadan Jembatan Suroboyo berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.