Sukses

Kasus Covid-19 Terkendalai, Pemkot Malang Bakal Kembali Gelar PTM

Selain kasus Covid-19 yang terkendali, tingkat kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan juga meningkat.

Liputan6.com, Malang - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, berencana akan memulai kembali Pembelajaran Tatap Muka atau PTM pada 14 Maret 2022 mendatang. Saat ini seluruh pihak tengah melakukan persiapan untuk memulai PTM tersebut.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa pelaksanaan PTM pada satuan pendidikan mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah mempertimbangkan sejumlah aspek mendasar terkait Covid-19.

"Senin (14/3) besok akan kita laksanakan (PTM)," kata Sutiaji di Malang, Kamis (10/3/2022). 

Sutiaji menjelaskan, ada sejumlah pertimbangan sebelum akhirnya Pemerintah Kota Malang memutuskan untuk kembali menggelar pembelajaran tatap muka yang dihentikan sejak 14 Februari 2022.

Beberapa pertimbangan tersebut, lanjutnya, antara lain adalah di wilayah Kota Malang kasus penambahan konfirmasi positif Covid-19 masih terkendali. Meskipun ada penambahan kasus konfirmasi, namun sejauh ini masih bisa dikendalikan oleh Pemerintah Kota Malang.

Kemudian, tingkat kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat melakukan aktivitas di luar rumah juga terpantau masih baik serta tidak ada kekhawatiran dari masyarakat terkait penambahan Covid-19.

"Prinsipnya adalah pengendalian penyebaran virus Corona. Jadi walaupun ada penambahan, masih bisa dikendalikan. Dan yang terpenting tidak ada kekhawatiran dari masyarakat," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Ditunda

Sebelumnya, Pemerintah Kota Malang menunda pelaksanaan PTM yang yang sebelumnya direncanakan dimulai pada 7 Maret 2022. Penundaan tersebut dilakukan untuk memastikan tren kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang menurun.

Selain itu, penundaan juga merupakan salah satu bentuk kewaspadaan akan penyebaran virus Corona khususnya di lingkungan sekolah. Secara prinsip, saat ini seluruh sekolah di wilayah Kota Malang sudah siap untuk kembali menggelar pembelajaran tatap muka.

Hingga saat ini, seluruh sekolah yang ada di wilayah Kota Malang masih melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan berpedoman surat edaran yang dilayangkan Disdikbud pada 11 Februari 2022.

Dalam surat edaran tersebut menyatakan bahwa peserta didik pada satuan pendidikan melaksanakan belajar dari rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh 100 persen, dimulai sejak 14 Februari 2022, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Sebagai informasi, di wilayah Kota Malang ada sebanyak 27.696 kasus konfirmasi positif Covid-19 dengan kasus aktif sebanyak 1.178 kasus. Dari total kasus konfirmasi itu, sebanyak 25.343 orang dilaporkan telah sembuh, 1.175 orang dinyatakan meninggal dunia.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.