Sukses

'Cak Man', Layanan Palacakan Barang Titipan di Lapas Sidoarjo

Layanan tersebut beguna untuk melacak pengiriman barang titipan untuk warga binaan Lapas Sidoarjo.

Liputan6.com, Sidoarjo - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sidoarjo, Jawa Timur, meluncurkan layanan "Cak Man" atau Lacak Pengiriman. Layanan itu berguna untuk mengetahui posisi titipan barang kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto di Sidoarjo, Sabtu, mengapresiasi layanan tersebut karena pengunjung yang menitipkan barang via loket pelayanan terpadu maupun layanan tanpa turun akan mendapatkan kode resi layaknya mengirim paket lewat ekspedisi.

"Nah, kode resi inilah yang digunakan untuk melacak barang titipan," ujarnya.

Ia mengatakan masyarakat dalam hal ini pengunjung akan semakin yakin bahwa barang yang dititipkan kepada petugas sudah diterima oleh keluarganya yang sedang menjalani pembinaan di dalam lapas. 

Meski masih dalam tahap percobaan, dia berharap Cak Man ini bisa segera diduplikasi oleh jajaran lapas atau rutan di Jatim.Menurut Wisnu, hal ini bisa membuat masyarakat semakin percaya dengan layanan yang diberikan lapas atau rutan terutama layanan penitipan barang yang telah berlangsung sejak pandemi.

"Sampai saat ini kami masih mengganti kunjungan langsung dengan panggilan video, sedangkan pengiriman barang harus dititipkan ke petugas," katanya.

Kepala Lapas Sidoarjo Teguh Pamuji menyebutkan bahwa pihaknya menerapkan aturan ini sebagai implementasi pembangunan zona integritas di lingkungan kerjanya karena dengan adanya kepastian pelayanan membuat penyimpangan dalam proses layanan bisa dihilangkan. 

"Terutama dalam hal pelayanan penitipan barang selama pandemi. Ini bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Teguh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Warga

Salah satu warga yang menggunakan layanan itu, Siti Maimunah, yang rutin menitipkan barang seperti makanan ringan untuk anaknya yang sedang menjalani pembinaan di Lapas Sidoarjo berinisial YD.

"Saya ini tadi mencoba mengecek di telepon genggam," ujarnya.

Mula-mula, Siti datang ke loket pelayanan dan dilayani petugas lapas. Setelah barang titipan diperiksa, petugas memasukkan ke dalam lapas untuk diserahkan kepada YD. 

Siti mendapatkan bukti penitipan dan nomor resi yang berguna untuk proses lacak posisi barang. Proses serah terima barang diabadikan dengan foto yang terintegrasi dengan aplikasi Cak Man yang ada di laman Lapas Sidoarjo.

"Saya sudah lihat di aplikasi, Alhamdulillah sudah diterima langsung oleh anak saya," katanya.

Perempuan asal Surabaya ini mengaku senang bisa melihat proses penyampaian barang yang dititipkan ke petugas lapas sehingga bisa yakin jika barang titipan benar-benar diterima anaknya.

"Kalau dulu saya cuma bisa kira-kira saja, sekarang sudah ada bukti foto, jadi semakin yakin," kata Siti.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.