Sukses

Tips Melestarikan Minuman Khas Jawa Timur di Era Kekinian

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur salah satu provinsi yang memiliki warisan kuliner beragam. Bahkan, warisan kuliner khas tersebut masih lestari bahkan dikembangkan.

Seperti Wedang Ronde, angsle dan jenis hidangan penutup lain khas Jawa Timur. Wedang ronde kerap diasosiasikan dengan santapan manis dan ringan, memiliki berbagai variasi unik yang tersebar di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke.

Bram Sadono, Owner Angsley mengatakan, hidangan penutup tradisional penting untuk dilestarikan sebagai bagian dari budaya dan agartidak kalah saing dengan menu-menu mancanegara lainnya.

Apalagi, menu dessert tradisional sendiri sebenarnya mudah untuk dijangkau karena banyak ditemui di sekitar kita.

“Pelestarian kuliner tradisional penting untuk dilakukan agar kekayaan kuliner Indonesia dapat terus eksis dan dinikmati hingga lintas generasi," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (3/3/2022)

Berikut Cara Melestarikan Wedang Ronde khas Jawa Timur Versi Angsley:

Santap Angsle Sambil Nonton Tv

Minuman segar tradisional yang berasal dari Jawa Timur bernama angsle ini cocok menemani waktu bersantaimu sambil menonton serial tv atau film di akhir pekan atau libur panjang.

Terdiri dari berbagai isian kaya rasa dengan perpaduan tekstur yang unik, mulai dari putu mayang, ketan, mutiara, kacang hijau, serta roti,dijamin bisa membuat waktu nonton jadi makin seru.

Tak hanya itu, kuah santan yang gurih akan menyempurnakan hidangan satu ini yang cocok untuk disantap dalam keadaan hangat maupun dingin.Jangan lupa untuk tambahkan es batu agar angsle dinginmu semakin nikmat.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kumpul Dengan Camilan Ronde Kering

Kurang lengkap rasanya apabila berkumpul tanpa ditemani dengan dessert yang bisa dinikmati bersama-sama. Kini, Angsley hadir dengan menu barunya yaitu Ronde Kering yang cocok untuk dijadikan kudapan bersama ketika ngumpul bareng.

Terdiri dari ronde polos dan ronde berisi kacang, kudapan satu ini disajikan dengan baluran bubuk kacang spesial yang membuatnya berbeda dari ronde yang biasa kamu temui.

Meskipun kering, namun jangan khawatir, kuah jahe terpisah tetap dapat kamu seruput dengan nikmat setelah melahap bola-bola ronde bersama teman-temanmu.

3 dari 3 halaman

Menutup Hari Dengan Ronde Hangat

Wedang ronde adalah solusi tepat untuk menghangatkan tubuh dan menenangkan hatimu di penghujung hari. Terdiri dari bola ketan besar yang berisi kacang, serta bola ketan kecil berisi pandan dan taro,hidangan satu ini ringan untuk dikonsumsi sebagai pencuci mulut makan malammu.

Apalagi, di tengah hawa dingin saat hujan, perpaduan kuah jahe hangat, renyahnya isian kacang bola ronde, dan selimut yang nyaman dijamin akan menjadi penyelamat hari sebelum kamu mengistirahatkan tubuhmu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS