Sukses

Alumni SMA Xaverius 1 Palembang Bakal Telurkan Gagasan Seputar Mobil Listrik, Cek Detailnya

IKAXA merupakan organisasi alumni yang berdedikasi untuk mempererat ikatan dan persaudaraan di antara para lulusan SMA Xaverius 1 Palembang yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara.

Liputan6.com, Palembang - Ikatan Alumni SMA Xaverius 1 Palembang (“IKAXA”) akan menggelar Seminar Nasional bertajuk Kendaraan Listrik, Potensi dan Tantangannya di Indonesia di Puri Agung Convention Hall – Grand Sahid Hotel Jakarta pada 14 September 2023 di mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. IKAXA merupakan organisasi alumni yang berdedikasi untuk mempererat ikatan dan persaudaraan di antara para lulusan SMA Xaverius 1 Palembang yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara.

IKAXA telah bertransformasi menjadi wadah proaktif bagi para alumni sekaligus jembatan yang menghubungkan generasi-generasi lulusan yang dapat berkontribusi positif bagi masyarakat.

Menurut Ketua Umum IKAXA, Agus Jayadi Alwie, hasil dari seminar nasional ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah atau penentu kebijakan, industri terkait serta masyarakat luas mengenai kendaraan listrik di Indonesia.

Rencananya Seminar Nasional yang akan diselenggarakan oleh IKAXA tersebut menghadirkan sejumlah tokoh dan narasumber penting dari kementerian, pengusaha otomotif, konsultan, pakar, maupun asosiasi terkait, antara lain Luhut Binsar Panjaitan selaku Menko Kemaritiman dan Investasi sebagai narasumber utama, Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, Arifin Tasrif selaku Menteri ESDM, Moeldoko selaku Ketua Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), serta beberapa narasumber penting lainnya.

Penghematan BBM fosil dan penggunaan Energi Terbarukan serta ramah lingkungan memang semakin gencar dikampanyekan dikarenakan semakin sadarnya pemerintah dan masyarakat akan terbatasnya cadangan energi fosil dan pentingnya menjaga lingkungan. Pemerintah pun telah menerbitkan Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan guna mengakselerasi transformasi industri otomotif, serta mengurangi ketergantungan impor BBM sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi.

 Industri otomotif juga telah merespon hal ini dengan memproduksi kendaraan listrik baik mobil maupun motor, namun pertumbuhan penggunanya masih belum seperti yang diharapkan karena masyarakat masih bersikap wait and see untuk barang baru ini.

“Oleh karena itulah IKAXA berinisiatif untuk mengadakan seminar ini yang melibatkan semua stakeholder terkait untuk mengupas tuntas segala hal yang menyangkut kendaraan listrik ini,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini