Sukses

Paparan IAMARSI di Yogyakarta, Transformasi Digital untuk Pelayanan Rumah Sakit

Adaptasi teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan sangat penting.

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Ahli Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (IAMARSI) menggandeng RS Premier Bintaro untuk meningkatkan efektivitas dan teknologi operasional dalam fasilitas kesehatan.

Sebelumnya pada acara PIT IAMARSI ke-1 yang diadakan di Yogyakarta pada tanggal 9-11 Juni 2023, RS Premier Bintaro menjadi salah satu bagian dalam pembahasan mengenai topik-topik penting seperti Lean Hospital, Smart Hospital, dan KPI (Key Performance Indicator) berbasis BSC (Balance Score Card) dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.

IAMARSI adalah perkumpulan para ahli manajemen dan administrasi rumah sakit Indonesia yang memiliki gelar magister (S2) di bidang manajemen rumah sakit atau administrasi rumah sakit. RS Premier Bintaro, sebagai rumah sakit swasta di Indonesia, merasa terhormat menjadi bagian dari IAMARSI dan berkontribusi dalam pengembangan keilmuan manajemen dan administrasi rumah sakit di Indonesia.

CEO RS Premier Bintaro, dr. Martha mengatakan adaptasi teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan sangat penting. RS Premier Bintaro telah melakukan transformasi digital dan berbagi pengalaman serta keberhasilan implementasi teknologi informasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

"Melalui kolaborasi dengan IAMARSI, RS Premier Bintaro berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan digital dan menjadi smart hospital yang mengikuti perkembangan zaman," ujarnya.

Transformasi digital di RS Premier Bintaro mencakup berbagai layanan, mulai dari pendaftaran online hingga layanan Telehealth Plus. Rumah sakit ini telah mengadopsi E-Medical Record (EMR) sejak 2016, SIM-RS (Trackcare InterSystem), HRIS (Human Resource Information System).

Kemudian RIS-PACS (Picture Archiving Communication System) Teleradiology enabled, sentralisasi Contact Center, Chatbot, Self Service Kiosk, dan lain-lain.

"RS Premier Bintaro terus berupaya meningkatkan layanan digitalnya untuk memudahkan pelayanan pasien," jelasnya.

RS Premier Bintaro melihat bahwa perjalanan menuju menjadi smart hospital adalah sebuah metamorfose yang tidak hanya terjadi di rumah sakit tersebut, tetapi juga di seluruh rumah sakit di Indonesia. Transformasi ini menjadi penting untuk mengikuti perkembangan zaman dan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini