Sukses

5 Tips Ampuh Menjaga Kelembapan Kulit

Menjaga kulit tubuh tetap lembap penting dilakukan agar kulit tidak mudah teriritasi. Kulit yang kering dapat dengan mudah teriritasi. Kulit yang teriritasi bisa menyebabkan radang, infeksi atau mungkin lebih berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Mandi memang rutinitas umum yang dilakukan banyak orang. Namun yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai mandi mengurangi kelembapan kulit.

Berkurangnya pH kulit sehabis mandi bisa terjadi jika kamu mandi secara berlebihan. Misalkan mandi setiap dua jam sekali karena cuaca kelewat panas atau, menggosok kulit dengan kasar dan berharap semua kotoran hilang.

Bahkan beberapa ahli menganjurkan untuk menggunakan sedikit sabun saat mandi untuk menjaga pH kulit. Karena diketahui, sabun mengandung kimia yang bisa mengganggu keseimbangan pH. Terutama sabun yang mengandung kimia keras.

Menjaga kulit tubuh tetap lembap penting dilakukan agar kulit tidak mudah teriritasi. Kulit yang kering dapat dengan mudah teriritasi. Kulit yang teriritasi bisa menyebabkan radang, infeksi atau mungkin lebih berbahaya.

Untuk menghindari itu, ada baiknya untuk tetap menjaga kelembapan kulit dengan beberapa cara berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Cara Menjaga Kelembapan Kulit

1. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu lama

Mandi dengan air yang terlalu panas dan terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan merusak lapisan pelindung kulit yang menyebabkan pH kulit menjadi tidak seimbang. Sebaiknya mandi dengan air suhu yang sesuai dan jangan mandi terlalu lama.

2. Gunakan sabun dengan pH yang seimbang

Sabun atau shower gel dengan pH yang seimbang dapat membantu menjaga keseimbangan pH alami kulit. Pilihlah sabun atau shower gel yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan hindari sabun yang mengandung bahan kimia yang keras.

3. Gunakan pelembap setelah mandi

Setelah mandi, kulit biasanya terasa kering karena kehilangan kelembaban. Gunakan pelembap yang ringan dan mudah menyerap pada kulit, untuk membantu menjaga kelembaban kulit dan mengembalikan pH kulit.

4. Gunakan toner atau cuka apel

Toner atau cuka apel dapat membantu mengembalikan pH kulit karena keduanya memiliki sifat yang asam. Setelah mandi, basahi kapas dengan toner atau campuran cuka apel dan air, kemudian usapkan pada kulit.

5. Konsumsi makanan yang sehat dan banyak air putih

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi dapat membantu menjaga kesehatan kulit, dan minum banyak air putih dapat membantu menjaga kelembaban kulit dari dalam.

Itu dia beberapa cara sederhana untuk membuat kulit tetap lembap. Mengembalikan pH kulit setelah mandi memerlukan perawatan yang baik dan disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. 

Jika memiliki kondisi kulit yang spesifik, sebaiknya kamu buat janji dengan dokter kuliit untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.