Sukses

Ini 5 Cara Menggunakan Sunscreen Rekomendasi Ahli Dermatology

Sunscreen biasanya diaplikasikan di kulit sehabis mandi, sebelum menambahkan makeup. Biasanya, sunscreen juga diaplikasikan kembali setiap dua jam sekali.

Liputan6.com, Jakarta - Sunscreen adalah cara terbaik untuk melindungi kulit dari sinar UV dan UVB. Cara menggunakan sunscreen pun bisa mempengaruhi kinerja sunscreen. Kira-kira cara memakai sunscreen yang kamu lakukan selama ini sudah benar atau belum?

Sunscreen biasanya diaplikasikan di kulit sehabis mandi, sebelum menambahkan makeup. Biasanya, sunscreen juga diaplikasikan kembali setiap dua jam sekali.

Namun semua tergantung kondisi. Jika kamu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan dan jauh dari jendela, kamu hanya perlu menggunakannya sekali sehari. Sementara jika kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, maka sunscreen perlu dipakai setiap dua jam sekali.

Tapi gimana cara menggunakan sunscreen yang tepat? Berikut adalah cara memakai sunscreen dengan benar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Tahap Menggunakan Sunscreen yang Benar

Sunscreen biasanya mengandung SPF 30 hingga SPF 60 atau lebih. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, ada baiknya jika kamu melihat kandungannya terlebih dahulu. Karena sebagian sunscreen mengandung bahan kimia yang mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit sensitif. Pilihlah sunscreen dengan bahan mineral sebagai gantinya. Keduanya dapat bekerja dengan baik.

Namun agar kinerja sunscreen semakin baik, pastikan untuk menggunakannya seperti lima cara berikut yang direkomendasikan oleh ahli dermatology, seperti dikutip dari American Academy of Dermatology Association.

1. Pilih Sunscreen yang Tepat

Pilih tabir surya yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi, tahan air, dan memberikan cakupan spektrum luas, yang berarti melindungi kamu dari sinar UVA dan UVB. 

2. Oleskan Sebelum Meninggalkan Ruangan

Oleskan tabir surya sebelum pergi ke luar ruangan. Dibutuhkan sekitar 15 menit bagi kulit untuk menyerap tabir surya dan melindungi kulit kamu.

3. Gunakan Secukupnya

Gunakan sunscreen secukupnya. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 1 ons sunscreen. Tapi supaya lebih mudah, kamu bisa menggunakan dua jari kamu untuk mengaplikasikan sunscreen di seluruh wajah hingga leher.

4. Oleskan Secara Merata

Oleskan sunscreen ke semua kulit telanjang. Ingat leher, wajah, telinga, bagian atas kaki dan kaki. 

Untuk area yang sulit dijangkau seperti punggung, minta bantuan seseorang atau gunakan tabir surya semprot.

Untuk melindungi bibir, kamu bisa mengoleskan lip balm dengan SPF minimal 15

5. Aplikasikan Dua Jam Sekali

Agar tetap terlindungi saat berada di luar ruangan, aplikasikan kembali sunscreen setiap dua jam, atau segera setelah berenang atau berkeringat. 

Orang yang terbakar sinar matahari biasanya tidak menggunakan tabir surya yang cukup, tidak mengoleskannya kembali setelah berada di bawah sinar matahari, atau menggunakan produk yang kadaluarsa.

Itu dia lima tips menggunakan sunscreen yang bisa kamu terapkan. Ingat, meski cuaca mendung dan hujan, kulit kamu akan terpapar sinar UV.

Jadi pastikan untuk tetap membawa dan memakai sunscreen meski kamu sedang liburan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.