Sukses

Yuk, Icip-icip Kuliner Khas Sragen!

Ada banyak kuliner Sragen yang bisa jadi pilihan menarik baik untuk makan siang, makan malam, maupun camilan.

Liputan6.com, Jakarta - Kuliner Sragen cukup beragam. Sebagian besar berupa camilan yang bisa dijadikan camilan yang bisa dibawa dalam perjalanan. Yuk, tengok ada makanan khas apa aja di daerah yang satu ini.

Kabutan Sragen merupakan gerbang timur perbatasan Jawa Timur. Daerah yang satu ini memang kerap dijadikan tempat singgah untuk para pemudik. Apalagi Sragen juga memiliki makanan khas yang menarik untuk dijajal.

Secara umum kuliner Sragen memiliki citarasa yang hampir serupa dengan makanan khas Jawa Tengah lainnya. Perpaduan manis gurih yang didapat dari berbagai rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu utamanya. Dari sekian banyak makanan khas Sragen, yang paling terkenal dan banyak dicari adalah sate kambing dan tongseng.

Sate kambing dan tongseng jadi salah satu makanan wajib para pelancong yang singgah ke Sragen. Tapi jangan khawatir, buat yang tidak terlalu menyukai daging kambing,  masih ada beberapa makanan khas lain yang bisa dipilih.

Dengan beragam kuliner yang dimilikinya, Sragen cocok untuk dijadikan tempat wisata kuliner pada petualang rasa.

Berikut adalah beberapa kuliner Sragen yang cukup banyak dicari wisatawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Kuliner Sragen Paling Populer

Beberapa kuliner Sragen yang cukup populer adalah sate, botok, soto. Selain itu masih terdapat makanan khas lainnya yang bisa jadi pilihan.

Ini dia delapan kuliner Sragen yang wajib dicicipi saat bertandang nanti.

1. Intip

Kuliner Sragen yang satu ini pasti sudah tidak asing. Teksturnya renyah dengan rasa gurih yang dipadu dengan manisnya lelehan gula aren, membuat Intip jadi salah satu makanan khas yang tidak boleh dilewatkan.

Intip merupakan kerak nasi yang dicetak dengan bentuk bulat yang khas, serupa tatakan panci. Meski teksturnya serupa rengginang, namun camilan yang satu ini memiliki citarasa yang berbeda dan selalu nikmat untuk dijadikan camilan.

2. Emping Garut

Emping biasanya terbuat dari melinjo, namun di Sragen emping dibuat dari umbi garut. Makanya namanya emping garut.

Kuliner Sragen yang satu ini tentunya lebih sehat ketimbang emping melinjo, yang bisa menyebabkan asam urat. Ini juga yang menjadi salah satu alasan, lahirnya emping garut yang lebih sehat. Apalagi umbi garut diketahui memiliki cukup banyak manfaat bagi tubuh, dan dipercaya baik untuk penderita diabetes.

3. Dawet

Dawet menjadi kuliner Sragen yang paling cocok dinikmati saat cuaca sedang panas terik. Kuliner Sragen yang satu ini terbuat dari tepung beras yang disajikan bersama parutan es, gula merah, dan pelengkap lainnya.

Dengan citarasa manis gurih ditambah sensasi menyegarkan, tak heran jika dawet menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari pelancong saat berada di Sragen.

4. Saci

Saci merupakan kuliner Sragen yang mirip dengan dodol. Teksturnya lembut, kenyal, dan elastis, sementara rasanya manis dan legit.

Camilan yang satu ini terbuat dari tepung garut, gula aren, dan beberapa bumbu lainnya yang membuat rasanya semakin memikat. Selain itu, bentuknya yang serupa Turkish delight membuat saci menjadi buah tangan yang cukup banyak digemari di Sragen.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Gathot

Saat ke Sragen, pastikan untuk tidak melewatkan makanan tradisionalnya, gathot. Makanan yang satu ini terbuat dari singkong yang dikeringkan atau dikenal dengan gaplek. Gaplek kemudian dikukus dan disajikan dengan taburan kelapa parut yang membuat rasanya menjadi gurih.

Rasanya yang unik dan mengenyangkan, sekaligus harganya yang ramah di saku, membuat gathot menjadi salah satu makanan yang banyak digemari.

6. Soto Girin

Soto Girin merupakan makanan berkuah yang kaya rempah. Hasilnya, soto khas Sragen ini memiliki citarasa gurih yang didapat dari kombinasi rasa kuah kaldu dan berbagai bumbu rempah.

Kuliner Sragen yang satu ini biasanya disajikan dengan potongan daging sapi, kecambah, bawang goreng, dan seledri. Pastikan untuk menikmatinya bersama nasi hangat.

7. Botok Mercon

Sesuai namanya, Botok Mercon adalah salah satu kulier Sragen yang memiliki rasa pedas.

Botok mercon terbuat dari ikan patin yang diolah dengan berbagai bumbu, membuat makanan yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

8. Sate Kelinci

Kuliner Sragen lain yang juga banyak dicari adalah sate kelinci karena tekstur dagingnya yang lembut dan rasanya yang gurih.

Sebagai pelengkap, biasanya sate kelinci disajikan bersama saus kacang pedas.

Itu dia delapan kuliner populer yang sayang untuk dilewatkan saat sedang mampir ke Sragen. Menarik kan?

Kira-kira, kuliner Sragen apa yang paling membuatmu penasaran?

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.