Sukses

Ini Berbagai Fakta Unik Siraman Kaesang dengan Erina 

Berbagai rangkaian acara pernikahan dari Kaesang dan Erina ini mencuri perhatian netizen, salah satunya adalah keunikan yang ada pada prosesi adat siraman keduanya.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari putra bungsu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni Kaesang Pangarep, yang telah menjalani proses pernikahannya dengan sang kekasih Erina Sofia Gudono.

Rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina digelar pada tanggal 8 hingga 11 Desember 2022 dengan menggunakan adat Jawa Yogyakarta.

Beberapa acara yang dilaksanakan di antaranya adalah pengajian, siraman, midodareni, ngunduh mantu, panggih, kirab pengantin, resepsi, jelang akad nikah, dan akad nikah.

Acara akad nikah keduanya telah dilaksanakan Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo. Sementara itu kirab pengantin dilaksanakan dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu, 11 Desember 2022

Mensesneg Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjadi saksi dalam prosesi akad nikah dari pernikahan Kaesang dan Erina, sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menjadi khotib nikah atau penceramah.

Berbagai rangkaian acara pernikahan dari Kaesang dan Erina ini mencuri perhatian netizen, salah satunya adalah keunikan yang ada pada prosesi adat siraman keduanya yang digelar pada Jumat (9/12/2022) di kediaman Kaesang di Solo.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi Siraman

Prosesi siraman yang menjadi salah satu rangkaian acara di pernikahan Kaesang dan Erina tersebut diawali dengan pemasangan bleketepe atau anyaman janur mudi di depan kediamannya.

Kemudian Kaesang melakukan sungkem dan tampak bersimpuh di hadapan kedua orang tuanya yakni Jokowi dan Iriana.

Selanjutnya, acara dilaksanakan dengan menuju lokasi yang akan digunakan untuk siraman beserta iring-iringan keluarga besar dari Kaesang.

Hal unik dalam momen tersebut yang menjadi perbincangan netizen adalah prosesi siraman dilakukan dengan air yang berasal dari 7 sumber mata air dari tempat-tempat yang dianggap sakral dan penting.

Ketujuh sumber mata air tersebut diketahui berasal dari rumah Presiden Joko Widodo, Keraton Kilen Pakualaman, Pura Mangkunegaran, rumah Erina Gudono, Masjid Sheikh Zayed, Umbul Pengging Boyolali, dan air Zam-zam.

"Air adalah lambang hidup dan kehidupan air juga menetapkan ilmu dan pengetahuan,” jelas Wigung Wratsangka selaku pembawa acara.

 

3 dari 4 halaman

Tujuh

4 dari 4 halaman

Isi Suvenir

Tujuh dari pituduh, pitutur, pitulungan, pitukon, pitulus dan piturut dicampur bunga setaman harapannya kedua mempelai tetap dengan sifat-sifat kautaman," sambungnya.

Selain itu, isi suvenir dan berapa harga suvenir yang dibagikan di acara siraman Kaesang dan Erina untuk para tamu yang datang juga menjadi perbincangan hangat para netizen.

Dalam proses pemilihan suvenir, Erina turut serta untuk memilihnya sendiri. Selain itu Erina juga menginginkan agar suvenir yang akan dibagikan tidak hanya bagus namun juga memiliki fungsi sehingga bermanfaat untuk digunakan.

Suvenir yang dipilih keduanya ini nantinya akan dibagikan kepada seluruh tamu undangan yang didominasi oleh keluarga serta kerabat dekat dari Erina dan Kaesang.

Bingkisan suvenir yang dibagikan oleh Kaesang dan Erina di acara siraman ditaksir harga satuannya setara dengan harga beras 30 Kg, sehingga banyak yang penasaran akan apa isi suvenir tersebut.

Diketahui isi suvenir Kaesang dan Erina tersebut berupa tiga buah handuk berwarna coklat dengan logo inisial K&E dari brand gift lokal eksklusif yang berkualitas premium yakni Howel and Co.

“Ini ada tiga handuk. Ini handuk biasa untuk mandi, kemudian handuk olahraga untuk lap keringat, dan yang satunya adalah handuk sapu tangan,” kata Dedi dari Howel and Co.

"Dari Mbak Erina ada request sendiri, baik dari emblem inisial Mas Kaesang dan Mbak Erina, kemudian boks dengan motif bunga," sambung Dedi.

Howel and Co merupakan e-commerce platform pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai pilihan hadiah atau suvenir yang cocok di berbagai acara.

“Menurut aku keren banget ya suvenirnya. dan sesuai dengan yang dipengenin aku dan Mas Kaesang, terima kasih Howel,” kata Erina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.