Sukses

8 Juni Jadi Peringatan Hari Laut Sedunia, Ini Sejarahnya

Begini sejarah penetapan Hari Laut Sedunia yang diperingati setiap 8 Juni

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Laut Sedunia diperingati setiap 8 Juni. Peringatan Hari Laut Sedunia bertujuan untuk menghormati, melindungi, dan melestarikan lautan di dunia.

Selain itu peringatan Hari Laut Sedunia juga bertujuan untuk mengajak umat manusia lebih peduli dan memahami peran penting lautan bagi keberlangsungan hidup manusia.

Dikutip dari berbagai sumber, sejarah Hari Laut Sedunia dimulai pada pelaksanaan KTT Bumi yang berlangsung di Rio de Janeiro pada 1992.

Konsep ini awalnya diusulkan oleh Pusat Internasional Kanada untuk Pengembangan Kelautan (ICOD) dan Institut Kelautan Kanada. Kemudian hari peringatan ini disahkan oleh PBB pada akhir 2008.

Akan tetapi, The Ocean Project sudah mengkoordinasikan hari peringatan ini dengan mengumpulkan peserta setiap tahun. Secara umum, Hari Laut Sedunia adalah perayaan hari yang didedikasikan secara khusus untuk menghargai laut yang ada di dunia.

Selain itu, peringatan hari laut ini juga bertujuan untuk merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudera mulai dari makanan laut dan kehidupan laut. Pada 2022 ini, tema Hari Laut Sedunia adalah Revitalisasi: Aksi Kolektif untuk Lautan.

Aksi kolektif untuk lautan tersebut rencananya diselenggarakan langsung dari markas besar PPB di New York sekaligus disiarkan langsung ke seluruh dunia. Nantinya, Hari Laut Sedunia ini akan diselenggarakan oleh Divisi PBB untuk urusan kelautan dan hukum laut, kantor urusan hukum dengan kontribusi langsung dari Oceanic Global.

Dengan adanya aksi ini di hari laut sedunia, diharapkan masyarakat dunia bisa lebih menjaga laut dan memberikan empatinya pada nasib lautan pada tahun-tahun mendatang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.