Sukses

Top 3 Islami: Kunci Hidup Bahagia dan Tenang ala Gus Baha, 8 Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi

Ulasan Gus Baha mengenai kunci hidup bahagia dan hidup tenang ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (21/5/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Ulama asal Rembang, Gus Baha dikenal sebagai kiai yang dalam ceramahnya cenderung menenangkan. Dia tak suka menakut-nakuti orang dengan berbagai gambaran mengerikan kehidupan akhirat.

Sebaliknya, Gus Baha kerap memuji umat Islam, walau awam dan dengan kadar keimanan minim sekalipun. Bagi Gus Baha, tiap muslim adalah ahli surga.

Kali ini, Gus Baha mengungkapkan soal kunci hidup bahagia. Ternyata, ulasan Gus Baha mengenai bahagia dan hidup tenang ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (21/5/2024).

Dua tips dari Gus Baha ini menjadi dua artikel yang paling menyedot perhatian pembaca.

Artikel lain yang tak kalah menyita perhatian adalah delapan tanda kiamat yang sudah terjadi.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kunci Hidup Selalu Tenang ala Gus Baha, Menukil Kisah Gaya Hidup Rasulullah

Ulama kondang yang merupakan murid kesayangan Mbah Moen, yakni KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau masyhur dengan sapaan Gus Baha menerangkan tips ampuh agar hidup tenang.

Menurut Gus Baha, jika tips ini dipaktikkan, membuat hidup kita selalu tenang. Memang banyak manusia yang merasa takut dan khawatir akan masa depannya. Seperti halnya, takut esok bisa makan atau tidak.

Suatu hal yang kebanyakan orang merasakan  hal ini bisa dinetralisir dengan kunci hidup tenang yang Gus Baha kemukakan.

Namun, jika rasa takut kita padukan dengan mengingat datangnya kematian, tentu saja tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Pasalnya kekhawatiran akan masa depan atau hari esok itu sangat rancu jika dihubungkan dengan kematian yang datangnya secara tiba-tiba tanpa menunggu hari esok.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Ternyata Kunci Hidup Nikmat Itu Hanya Satu Kata Gus Baha, Apa Itu?

Ulama tanah air asal Rembang yang tersohor kecerdasan dan keluasan ilmu pengetahuan agamanya yakni KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau populer dengan sapaan Gus Baha menerangkan perihal kunci bisa hidup nikmat atau nyaman.

Hidup nikmat merupakan hidup yang didambakan semua orang, baik ia kaya atau miskin. Sebab, ternyata hidup nikmat bukan hanya dirasakan oleh orang kaya saja. Orang miskin juga bisa hidup nikmat.

Gus Baha menerangkan cara hidup nikmat dengan pembahasan yang tidak rumit dan muluk-muluk. Menurutnya, agar hidup nikmat itu kuncinya tidak banyak, hanya satu.

“Termasuk kuncinya nikmat itu cuma satu, jangan melihat orang lain,” terangnya sebagaimana dikutip dari tayangan YouTube Short @IslamicBooster, Senin (20/05/2024).

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. 8 Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi, Salah Satunya Arab Menghijau

Hari akhir atau kiamat pasti terjadi. Dalam Islam, kiamat juga menjadi bagian penting aqidah karena menjadi salah satu rukun iman.

Namun begitu, tak ada seorangpun yang mengetahui dengan pasti kapan waktu pasti terjadinya kiamat. Itu termasuk Baginda Nabiyullah Muhammad SAW yang adalah kekasih-Nya.

Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan waktu terjadinya kiamat. Yang pasti, hari kehancuran itu akan tiba.

"Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (Q.S. Al-Hajj: 7).

Kepastian terjadinya kiamat juga dinyatakan dalam QS Al-A'raf, yang artinya:

"Mereka menanyakan kepadamu (Nabi Muhammad) tentang kiamat, ‘Kapan terjadi?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Tuhanku. Tidak ada (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk yang) di langit dan di bumi. Ia tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Nabi Muhammad), ‘Sesungguhnya pengetahuan tentangnya hanya ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’" (Q.S. Al-A'raf: 187).

Meski tak ada yang tahu waktu terjadinya kiamat tiba, namun Allah SWT memberikan petunjuk mengenai tanda-tandanya. Bahkan, beberapa tanda kiamat itu sudah terjadi.

Berikut ini adalah delapan tanda kiamat yang sudah terjadi, melansir rumahzakat.org, Selasa (21/5/2024).

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.