Sukses

9 Inspirasi Desain Model Jendela Kayu yang Simpel, Estetik, dan Mewah

Ada banyak model jendela yang dapat menghiasi rumah menjadi lebih mewah dan estetik. Di bawah ini terdapat inspirasi model jendela rumah kayu, yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia desain interior, jendela memiliki peran penting dalam menentukan tampilan keseluruhan ruangan. Selain sebagai sumber pencahayaan alami, jendela juga dapat menjadi elemen dekoratif utama. 

Jendela kayu memiliki daya tarik tersendiri yang timeless dan natural. Bahan kayu memberikan kesan hangat dan alami pada ruangan, serta memberikan sentuhan keindahan yang tahan lama.

Dari desain jendela kayu yang sederhana namun elegan hingga yang lebih klasik dengan detail ukiran yang menawan, di bawah ini terdapat beberapa inspirasi model jendela rumah kayu.

Yuk simak dan ikuti inspirasi model jendela kayu berikut ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (03/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

1. Jendela Rumah Kayu Klasik

Model pertama dari jendela rumah kayu ini mengusung tema klasik dengan lapisan cat warna putih. Jendela ini memiliki dimensi yang sedang namun menarik dan sederhana, cocok untuk rumah dengan beragam gaya desain, dari yang klasik hingga yang modern.

Jendela rumah kayu ini tidak hanya terbatas pada warna putih, keindahan asli kayu juga dapat dijaga tanpa pengecatan atau menyesuaikan dengan tampilan rumah dan suasana yang diinginkan. Model jendela ini cocok dipasang di bagian samping dan belakang rumah karena ukurannya yang tidak terlalu besar, dan dapat membantu sirkulasi udara dengan baik.

3 dari 15 halaman

2. Jendela Rumah Kayu 2 Lapis

Bagi yang mencari model jendela rumah kayu yang unik dan menarik, model ini bisa menjadi pilihan yang sesuai. Terdiri dari dua lapisan, jendela ini memiliki bagian luar yang tertutup dan bagian dalam yang dilengkapi dengan kaca.

Umumnya, jendela rumah kayu dengan dua lapisan seperti ini sering digunakan di daerah beriklim dingin untuk mencegah udara hangat dan dingin keluar masuk dengan mudah ke dalam rumah. Meskipun demikian, model ini tetap dapat digunakan di Indonesia. 

Material kayu yang digunakan tanpa perekat tetap memungkinkan sirkulasi udara yang cukup, sehingga tetap dapat menikmati udara segar meskipun menggunakan model jendela ini.

4 dari 15 halaman

3. Jendela Rumah Kayu Minimalis Modern

Salah satu varian model jendela rumah kayu berikutnya adalah jendela geser dengan desain yang mengadopsi gaya minimalis dan modern. Model jendela ini sesuai dipasang di berbagai sisi rumah karena fleksibilitasnya dan kegunaan yang sangat praktis.

Model jendela rumah kayu ini cocok dipasang di dinding dapur sebagai jalur sirkulasi saat memasak, namun desainnya tetap relevan untuk digunakan di area lain di rumah. Model ini juga tersedia dengan warna kayu yang lebih gelap untuk tampilan yang lebih kontemporer dan modern.

5 dari 15 halaman

4. Jendela Rumah Kayu Lipat

Salah satu varian jendela rumah kayu yang cukup terkenal adalah jendela lipat. Jendela model ini sering digunakan pada rumah-rumah dengan bahan dasar kayu dan sangat praktis, terutama jika rumah yang memiliki pemandangan menakjubkan di sekitarnya.

Pemilihan jenis kayu yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik sangatlah penting untuk model jendela rumah kayu ini, mengingat jendela akan sering dibuka dan ditutup. Penting juga untuk memperhatikan padanan warna yang sesuai dengan gaya keseluruhan rumah, sehingga menciptakan kesan harmonis dan menarik.

6 dari 15 halaman

5. Jendela Rumah Kayu Modern

Model jendela rumah kayu ini menampilkan gaya modern dengan sentuhan pola retro yang menyenangkan. Meskipun demikian, penggunaan warna kayu yang lebih gelap dan finishing glossy memberikan kesan yang cocok untuk digunakan di bagian depan rumah.

Kesederhanaan model jendela rumah kayu ini dapat diadaptasi dengan berbagai jenis jendela, baik yang terdorong ke depan maupun yang dibuka ke samping. Penting juga untuk mempertimbangkan mekanisme jendela yang sesuai dengan desainnya.

7 dari 15 halaman

6. Jendela Rumah Kayu Bagian Depan

Model jendela kayu merupakan salah satu pilihan favorit untuk memperindah penampilan rumah, terutama di bagian depan. Ukurannya yang besar dapat membantu mengisi ruang rumah dengan sentuhan dekoratif yang menarik dan fungsional pada saat yang sama.

Meskipun sudah umum digunakan, model jendela kayu ini tidak terlalu membosankan karena dengan paduan yang tepat, dapat memberikan tampilan yang menarik dan memukau. Penting untuk memilih warna dan finishing kayu yang sesuai dengan gaya rumah agar keseluruhan penampilan terlihat pas.

8 dari 15 halaman

7. Jendela Rumah Kayu Aesthetic

Model jendela kayu ini ideal bagi yang sedang mencari jendela besar untuk rumah yang luas dan mewah. Desainnya klasik dan sedikit kuno, sangat cocok untuk rumah besar dengan atap tinggi.

Penting untuk mengukur dengan tepat ukuran rumah dan jendela yang dibutuhkan agar tidak terlihat tidak sesuai dan tetap menciptakan kesan harmonis. Model ini sangat cocok bagi yang menyukai desain yang estetis dan instagramable.

9 dari 15 halaman

8. Jendela Rumah Kayu Sederhana

Model jendela rumah kayu berikutnya adalah yang simpel dan sederhana. Model ini dapat menjadi alternatif yang mudah dipilih bagi yang bingung dalam memilih desain jendela, karena kesederhanaannya memungkinkan untuk disesuaikan dengan berbagai gaya desain. 

Model jendela rumah kayu ini dapat dipilih tanpa banyak pertimbangan, karena mampu menyatu dengan beragam tata letak rumah. Meskipun demikian, penting untuk tetap mengukur dimensi jendela dengan teliti agar sesuai dengan kebutuhan.

10 dari 15 halaman

9. Jendela Rumah Kayu Ukiran Jawa

Model jendela semacam ini sering ditemui di rumah-rumah tradisional di Jawa. Jendela ini terdiri dari dua daun pintu dan dihiasi dengan ukiran di sekitarnya. Bagian daun jendela memiliki struktur yang menyerupai jeruji, sehingga tidak memungkinkan untuk dipasangi kaca.

Dengan menggunakan desain seperti ini, ada kemungkinan bahwa perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah nyamuk dan serangga lain yang masuk ke dalam ruangan.

11 dari 15 halaman

Apa Itu Jendela Nako?

Jendela nako, yang sering juga dikenal dengan istilah jendela krepyak, mendapat julukan tersebut karena ketika dibuka, menghasilkan suara "krepyak" dari gesekan antara kaca dan besi. Model jendela ini memiliki popularitas tinggi sebelum tahun 2000-an dan memberikan kesan klasik yang mengingatkan pada era vintage.

12 dari 15 halaman

Jendela di Atas Pintu Namanya Apa?

Transom umumnya dipakai untuk memisahkan antara pintu dengan jendela yang tergantung di atasnya. Dalam situasi ini, mereka dikenal sebagai jendela di atas pintu, dan biasanya memiliki bentuk yang menyerupai kipas.

13 dari 15 halaman

Berapa Ukuran Jendela Dapur Minimalis?

Umumnya, jendela standar untuk dapur memiliki dimensi sekitar 50 x 70 cm, menciptakan lingkungan yang elegan, minimalis, dan sehat dengan aliran udara yang optimal.

14 dari 15 halaman

Jenis Kayu Apa yang Layak Digunakan untuk Pembuatan Kusen Pintu dan Jendela?

Contohnya, kayu akasia bisa dipakai untuk membuat struktur atap, kusen, pintu, serta jendela.

15 dari 15 halaman

Apa Itu Jendela Jungkit?

Jendela jungkit adalah jenis jendela di mana ketika dibuka atau dioperasikan, daunnya akan naik ke atas, memungkinkan masuknya lebih banyak sirkulasi udara. Dengan desain ini, penghuni dapat menikmati pemandangan langit yang terbuka, menyambut sinar matahari yang berlimpah dan udara segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini