Sukses

50 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Penuh Makna dan Doa

Contoh ucapan selamat hari raya idul fitri 2024. Cocok dibagikan kepada keluarga, sanak saudara maupun caption pada laman media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan telah berakhir, tak lama lagi kita akan menyambut datangnya hari kemenangan. Semoga berkah Ramadhan akan selalu mengiringi setiap langkah kita ke depannya.

Hari Raya Idul Fitri merupakan momen paling berharga dan begitu dinanti sebab pada hari itu kita dapat berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara tercinta.

Tak hanya sekedar bersilaturahmi, barangkali kamu juga dapat menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri kepada mereka baik secara langsung ataupun membagikan melalui laman media sosial.

Mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri merupakan tradisi yang tak pernah terlupakan. Kalimat tersebut biasanya berisi ucapan selamat hari raya, permintaan maaf dan juga doa untuk membersihkan jiwa saat lebaran.

Anda tak perlu bingung untuk merangkai kata ucapan Hari Raya Idul Fitri, berikut kumpulan kata ucapan selamat Idul Fitri untuk keluarga dan sanak saudara, dikutip dari laman dream.co.id. Semoga bisa jadi inspirasi untuk semua.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kata Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Keluarga

Momen lebaran adalah waktu untuk meminta maaf dan memberi maaf. Ucapan maaf saat hari raya Idul Fitri sebagai doa untuk melunturkan segala khilaf yang telah dilakukan. Berikut rekomendasi kata ucapan selamat hari raya Idul Fitri untuk keluarga dan sanak saudara yang bisa kamu ungkapkan:

1. "Aku tidak memintamu untuk menjadi awan, karena aku takut kamu akan mendung. Aku juga tidak memintamu untuk menjadi bunga, karena aku takut kamu akan layu. Aku hanya memintamu untuk memaafkanku setulus hati. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin."

2. "Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin."

3. "Harta yang paling bernilai adalah kesabaran. Rekan yang paling setia adalah amal. Ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Identitas tertinggi adalah iman. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf lahir batin, Selamat Hari Raya Idul Fitri."

4. "Sifat sejatinya adalah untuk mengkhotbahkan Allah dan Syariah-Nya di dalam jiwa, di dunia nyata, dalam semua gerakan, sepanjang nafas dan langkah, semoga kita berada pada hari kemenangan itu. Selamat untuk Idul Fitri."

5. "Sunset ramadhan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari, membawa cahaya kedamaian di penghujung ramadhan, menebar berkah di hari kemenangan. Selamat idul fitri. Taqabbalallahu minna wa minkum. Minal aidin walfaizin."

6. "Semoga Allah memberi Anda kegembiraan, kebahagiaan, kedamaian, dan kemakmuran pada kesempatan yang diberkati ini. Semoga Anda dan keluarga Anda pada kesempatan Idul Fitri yang bahagia ini! Idul Fitri!"

7. "Semoga Allah mendengarkan semua doa Anda dan membimbing Anda dalam setiap langkah yang Anda buat. Semoga dia menghujani rumahmu dengan berkah dan kebahagiaan. Saya berharap Anda dan seluruh rumah tangga Anda mendapatkan Idul Fitri yang fantastis."

8. "Selamat Hari Raya Idul Fitri. Marilah kita melupakan kesalahan kita di masa lalu dengan segala pengampunan dan semoga Tuhan memberi kita kebahagiaan dan kemakmuran yang berlimpah di masa depan."

9. "Semoga kedamaian dan kebahagiaan selalu mengiringi hidup kita. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir & Batin kami sekeluarga."

10. "Semoga kebahagiaan selalu menyertai kita semua dan keluarga di Hari Raya Idul Fitri 2024. Selamat merayakan kemenangan setelah berpuasa selama sebulan."

11. "Hari ini segalanya terasa indah. Andai semua salah & khilaf dapat terhapus dengan ikhlas. Selamat Iedul Fitri 1445 H. Mohon Maaf Lahir & Batin."

12. "Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin."

13. "Kata-kata seindah zikir teralun bagaikan adzan, berbaris rapi dalam shaf. Bagaikan tentara bersenjata, hari kemenangan itu akan tiba. Keikhlasan yang merajai hati untuk saling memaafkan. Selamat Idul Fitri 1445 H."

14. "Seiring surya berseri indah dipagi penuh hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati."

15. "Dengan kebersamaan dan rasa syukur, mari kita merayakan kemenangan setelah menyelesaikan puasa selama sebulan penuh. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024."

3 dari 5 halaman

Kata Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk Sanak Saudara

Kata ucapan selamat hari raya Idul Fitri untuk sanak saudara jadi ungkapan yang cocok untuk meminta maaf dan saling memaafkan. Berikut contoh kata ucapan selamat hari raya Idul Fitri untuk sanak saudara:

16. "Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 2024. Mari bersihkan diri di hari yang fitri, semoga segala dosa & kesalahan kita yang lalu terampuni. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir & batin."

17. "Waktu mengalir deras bagaikan air. Ramadhan yang suci akan segera berakhir. Untuk salah yang pernah kubuat, khilaf yang pernah terucap, pintu maaf selalu kuharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024."

18. "Mata sering salah menatap, mulut sering salah berucap, hati sering salah prasangka, dengan niat yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin."

19. "Seiring surya berseri indah di pagi penuh hikmat ini, kami mohon dibukakan pintu maaf apabila ada kata dan tindak yang tidak berkenan di hati."

20. "Ya Rabbi, berkahi umur kami hingga Ramadhan di tahun depan. Sucikan hati kami untuk bisa memaafkan saudara kami. Taqabalallahu minna wa minkum."

21. "Sucikan hati dengan dzikir, cerahkan hati dengan pikir, teruslah bersyukur dengan menebar senyuman, dengan kerendahan hati saya mengucapkan selamat lebaran 1445 H."

22. "Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Semoga di hari yang fitri ini kita mampu kembali ke jati diri insani menjadi pribadi-pribadi yang kepada siapapun, kapanpun dan dimanapun mampu menebar damai dan saling berbagi."

23. "Dengan segala kerendahan hati, Saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita dan menjadikan kita kembali dalam keadaan yang suci."

24. "Kalbu tak pernah memberhala atau menghantui dan dari sanalah maaf berada secara asli. Selamat hari raya idul fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin."

25. "Waktu mengalir bagaikan air. Ramadhan suci akan berakhir. Tuk salah yang pernah ada. Tuk khilaf yang sempat terucap. Pintu maaf selalu ku harap."

26. "Senja Ramadhan beranjak pergi, berganti fajar syawal di pagi hari. Membawa cahaya kedamaian di penghujunh ramadhan. Menebar berkah di hari kemenangan."

27. "Senang memaafkan dengan sesadar-sadarnya. Sadar pula kita sering berbuat khilaf. Selamat hari raya Idul Fitri 2024. Mohon untuk kita saling memaafkan. Barakallah."

28. "Karena keagungan-MU jua, tercurah hidayah-MU kepada ummat-Mu yang sungguh-sungguh menjalankan ibadah untuk meraih kemenangan Ramadhan suci."

29. "Di tengah gema takbir, hati tertunduk untuk memohon maaf. Dari lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, tingkah laku yang tidak berkenan serta hati yang berprasangka."

30. "Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka, semoga pintu maaf masih terbuka."

4 dari 5 halaman

Kata Ucapan Selamat Idul Fitri untuk Caption Media Sosial

Terdapat banyak sekali kata ucapan selamat hari raya Idul Fitri. Kamu juga bisa menjadikannya untuk mempercantik caption media sosialmu. Berikut beberapa contohnya yang bisa dijadikan referensi ucapan hari raya Idul Fitri di media sosial.

31. "Dengan segala kerendahan hati, Perkenankan Kami Sekeluarga Menghaturkan " Selamat Menyambut kedatangan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H."

32. "Taqabbalallohu Minna wa Minkum. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H Mohon maaf lahir dan batin."

33. "Semoga ibadah puasa kita serta ibadah lainnya diterima Allah SWT dan semoga kita selalu dalam Ridho Allah."

34. "Tak ada untaian kalimat yang bisa menyenangkan hati setiap orang, tak ada kesempurnaan di dunia ini. Tak ada kesalahan yang tak termaafkan karena Dia Sang Pemilik Segalanya juga sangat Pemaaf."

35. "Dalam setiap senyum dan tawa bersama; Dalam setiap doa sunyi yang terjawab; Dalam setiap kesempatan yang datang padamu, semoga Allah memberkatimu!" Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024. Mohon maaf lahir dan batin."

36. "Di hari yang fitri ini, mari saling memaafkan setulus hati. Di hari yang fitri ini, semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang lebih baik lagi. Selamat Hari Raya Idul Fitri 2024."

37. “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H bagi umat muslim yang merayakannya. Dengan berakhirnya bulan suci Ramadan semoga kita tetap terus berada di jalan-Nya dengan hati yang bersih dan saling memaafkan.”

38. “Tak ada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini.”

39. “Jazakumullah khair saudara-saudaraku. Untuk semua pelajaran yang pernah kau berikan. Untuk semangat yang pernah kau tularkan. Untuk ketegaran dan kesabaranmu. Semoga Allah menerima amalan-amalan kita dan mempertemukan kita dengan ramadhan tahun depan.”

40. "Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Maafkan aku yang pernah melukaimu. Karena hanya maafmu yang dapat menghapus laraku. Minal aidzin waal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.”

5 dari 5 halaman

Kata Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Inggris

Tak hanya dalam Bahasa Indonesia, agar makin keren dan elegan kamu juga bisa mengucapkan kata ucapan selamat hari raya Idul Fitri dalam Bahasa Inggris lho. Berikut contoh kata ucapan selamat hari raya dalam Bahasa Inggris yang bisa kamu tiru:

41. "The time has come for every soul to purify heart. For every man to begin a new life. For us let all mistakes forgiven, forgotten. Amen. Happy Eid Mubarak!" (Telah tiba saatnya bagi setiap jiwa untuk menyucikan hati. Bagi setiap umat untuk memulai hidup baru. Bagi kita semua untuk saling memaafkan dan melupakan setiap kesalahan. Amin. Selamat Idul Fitri!)

42. "Sorry for all of my bad manners. Happy Eid Al-Fitr for you. Hope we get the best inspiration from this Ramadhan." (Maaf untuk semua kebiasaan-kebiasaan burukku. Selamat Hari Raya idul fitri. Semoga kita mendapatkan inspirasi terbaik dari Ramadan kali ini.)

43. "May Allah bless your days with happiness, your weeks with prosperity, your months with contentment, and your years with love and peace." (Semoga Allah memberkahi setiap harimu dengan kebahagiaan, setiap pekanmu dengan kemakmuran, setiap bulanmu dengan suka cita, dan setiap tahunmu dengan cinta dan kedamaian.)

44. "Sending you best wishes on Eid and wishing that it brings you joy and blessings." (Aku mendoakanmu di Hari Raya Idul Fitri dan semoga bahagia dan berkah.)

45. "It’s more than a wish, more than a message too, for it comes with warm and loving thoughts because it’s meant for you. Happy Eid!" (Bukan hanya sekedar harapan, bukan pesan, melainkan dengan segala pikiran dan cinta karena kamu layak mendapatkannya. Selamat Idul Fitri!)

46. "Happy Eid Mubarak. Let’s forget our mistake in the past with all the forgiveness and may God gives us abundantly of happiness and prosperity ahead." (Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mari kita lupakan kesalahan di masa lalu dengan saling memaafkan dan semoga Allah memberikan kita kebahagiaan dan kemakmuran yang melimpah ke depannya.)

47. "As Ramadan passed. Comes the day of victory. I apologize for my mistakes. Wishing you a blessed eid al-fitr." (Dengan berlalunya bulan Ramadan. Datanglah hari kemenangan. Mohon maaf atas kesalahanku. Selamat Idul Fitri yang diberkahi.)

48. "Wishing you all a very happy and peaceful Eid. May Allah accept our good deeds, forgive our transgressions and ease the suffering of all people around the globe. Eid Mubarak." (Semoga hari rayamu berbahagia dan damai. Semoga Allah menerima amal baik kita, memaafkan pelanggaran kita dan memudahkan penderitaan semua orang di dunia. Selamat Lebaran.)

49. "No greetings card to give. No sweet flowers to send. No cute graphics to forward. Just a loving heart saying. Happy Eid Mubarak!" (Bukan kartu ucapan. Bukan bunga yang wangi. Bukan pula gambar lucu. Tapi hanya ucapan hati yang begitu tulus. Selamat Idul Fitri!)

50. "May God accept our fasts and prayers. Wish you a very Happy Eid Mubarak My Dear." (Semoga Tuhan menerima puasa dan doa kita. Selamat Hari Raya yang berbahagia Sayangku.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.