Sukses

Semarak Ramadan, Perhutani Sebar Lebih dari 80 Ribu Sembako Gratis ke Pesantren

Perum Perhutani menebar lebih dari 80 ribu paket sembako ke pesantren hingga penyadap getah pinus di berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta Perum Perhutani menebar lebih dari 80 ribu paket sembako ke pesantren hingga penyadap getah pinus di berbagai daerah. Perhutani juga membagikan ribuan sembako murah yang bisa dibeli masyarakat.

Diketahui, langkah ini jadi salah satu mandat Menteri BUMN Erick Thohir bagi para perusahaan pelat merah untuk menyediakan sembako murah di momen Ramadan 2024. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perhutani Dewi Fitrianingrum mengatakan, mandat Erick Thohir itu dituangkan dalam program Semarak Ramadan Berkah 2024.

Perhutani sendiri terlibat dalam menyediakan 6.000 paket sembako murah di 5 kota wilayah kerja Perhutani pada pekan ke-2 ramadan. Antara lain di Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Blora, Kabupaten Trenggalek dan Kota Madiun

"Seperti dalam kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Alun-Alun Purabaya, Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, masyarakat dapat membeli 1.000 paket sembako dengan harga yang terjangkau," ucap Dewi dalam keterangannya, Senin (1/4/2024).

Bantuan Sembako ke Pesantren

Dewi menyebut, perusahaan juga ikut memberikan bantuan sembako ke pesantren-pesantren hingga beberapa kelompok penyadap getah pinus. Totalnya, mencapai 84.758 paket sembako.

“Selain program pasar murah dan bazar UMKM ini, Perhutani juga memberikan bantuan sembako kepada pondok pesantren dan para penyadap getah pinus dengan jumlah 84.758 paket yang tersebar di wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” terang Dewi.

Adapun paket sembako murah yang dijual dalam Safari Ramadhan 2024 tersebut berisikan 5 kg beras, 1 liter minyak, dan 1 kg gula yang dijual dengan harga Rp 70.000 per paket. Dalam acara ini Perhutani juga berkolaborasi dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dalam penyediaan sembako.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sembako Murah IFG

Sebelumnya, Dalam rangka bulan suci Ramadan 1445 H, Indonesia Financial Group (IFG) BUMN Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi mengadakan Safari Ramadan BUMN 2024 dengan menyediakan 1500 paket sembako murah untuk masyarakat di Masjid Ar-Rayyan, Gedung Kementerian BUMN.

Di bawah payung perayaan HUT ke-26 Kementerian BUMN, kegiatan Safari Ramadan tersebut menjual paket sembako murah dengan harga ekonomis Rp75.000 per paket. Adapun paket tersebut terdiri atas, 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 kg gula pasir.

Tidak hanya di Jakarta, paket sembako murah tersebut juga tersedia di daerah-daerah. Kementerian BUMN bersama perusahaan BUMN di seluruh Indonesia secara serentak menjual 1500 paket sembako murah itu di setiap daerah kepada masyarakat.

Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir menjelaskan, program ini sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk menjaga ketersediaan bahan pangan di tengah masyarakat dengan harga terjangkau serta respon pemerintah atas badai El Nino yang menyebabkan kenaikan harga pangan di berbagai wilayah di Tanah Air.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan IFG Oktarina Dwidya Sistha menambahkan, pihaknya terlibat dalam program Safari Ramadan tersebut sebagai bentuk kepedulian IFG terhadap masyarakat yang membutuhkan bahan pokok dengan harga terjangkau.

“Kehadiran bazar sembako murah ini merupakan sebuah bentuk kepedulian IFG dalam memberikan akses kepada warga untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan di bulan Suci Ramadan tahun ini,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

Mudik Gratis

Sistha menjelaskan, masih dalam rangkaian kegiatan di bulan Ramadan, IFG juga mengadakan program mudik gratis.

Program tersebut ditargetkan dapat menjaring kurang lebih 100 orang peserta, yang akan diberangkatkan secara bersama-sama pada program mudik bersama BUMN dengan tema “Mudik Asyik Bersama BUMN 2024” pada 3 April 2024 di Istora Senayan, Jakarta dan tahap kedua 5 April 2024 di Silang Monas, Jakarta.

Adapun rute perjalanan yang ditawarkan IFG, antara lain:

• Jakarta - Cirebon – Kuningan

• Jakarta - Brebes - Tegal - Pemalang – Pekalongan

• Jakarta - Purwokerto - Kebumen - Kutoarjo – Purworejo

• Jakarta - Parakan - Temanggung – Magelang

• Jakarta - Semarang - Kudus

• Jakarta - Kartosuro - Klaten – Yogyakarta

• Jakarta – Lampung

• Jakarta - Semarang - Boyolali - Solo – Wonogiri

• Jakarta - Surabaya

Terkait program mudik tersebut, para calon pemudik dapat menghubungi helpdesk Mudik bersama 2024 melalui email: mudik.ifg2024@ifg.id dan nomor whatsapp (WA) : 083898337977 (admin – WhatsApp chat only)

“Dengan adanya program bazar sembako murah serta mudik bersama BUMN ini, IFG terus membuktikan komitmennya dalam upaya meningkatkan kontribusi kepada masyarakat dengan lebih baik,” tutup Sistha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini