Sukses

3 Amalan Berpahala Setara Haji dan Umrah Ini Bisa Kita Raih di Bulan Ramadhan

Apa saja amalan yang berpahala ibadah haji dan umrah di bulan Ramadhan? Simak berikut ulasannya dan semoga kita bisa mengamalkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam akan bahagia ketika datang bulan suci Ramadhan. Bulan ini sering dijadikan momentum memperbaiki diri dan meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT dengan memperbanyak amal ibadah.

Sekarang kita sudah beberapa hari menjalani ibadah Ramadhan, mendekati pertengahan bulan. Semoga semangat dan motivasi ibadah tidak pernah luntur ketika memasuki separuh terakhir Ramadhan.

Pada bulan Ramadan umat Islam tidak hanya menjalankan ibadah puasa dan tarawih. Memang dua ibadah ini khas dengan Ramadhan, tapi masih banyak ibadah lain yang dapat kita lakukan selain puasa dan tarawih.

Bahkan, ada amalan ibadah yang pahalanya setara ibadah haji dan umrah. Keutamaan ini bisa diraih ketika dilakukan di bulan Ramadhan.

Apa saja amalan yang berpahala ibadah haji dan umrah di bulan Ramadhan? Simak berikut ulasannya dan semoga kita bisa mengamalkannya. 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sholat Jemaah Lima Waktu di Masjid dan Sholat Dhuha

Sholat lima waktu adalah kewajiban yang harus dilaksanakan setiap muslim. Pada dasarnya, sholat dapat dilakukan secara sendiri atau berjemaah. Meski demikian, sebaiknya sholat lima waktu dilaksanakan secara berjemaah di masjid. 

Selain mendapat keutamaan 27 kali lipat, keutamaan sholat berjamaah di masjid secara terus menerus adalah mendapat pahala setara haji. Sementara, orang yang melakukan sholat dhuha di masjid akan meraih pahala setara ibadah umrah.

Keutamaan sholat di masjid ini didasarkan pada hadis riwayat Abu Umamah bahwa Rasulullah berkata.

 من خرج من بيته متطهرا إلى صلاة مكتوبة فأجره كأجر الحاج المحرم، ومن خرج إلى تسبيح الضحى لا ينصبه إلا إياه فأجره كأجر المعتمر 

Artinya: “Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk menunaikan shalat fardhu akan diberikan pahala ibadah haji. Sementara orang yang keluar rumah untuk mengerjakan shalat dhuha dan tidak ada tujuan lain selain itu, maka akan diberikan pahala umrah.” (HR Abu Daud).

3 dari 4 halaman

2. Sholat Isyraq

Amalan kedua yang berpahala haji dan umrah adalah melaksanakan sholat isyraq. Namun, keutamaan ini akan diperoleh jika sebelumnya melaksanakan sholat subuh secara berjemaah, dilanjut berdzikir hingga matahari terbit, kemudian sholat isyraq.

Hal ini berdasarkan riwayat dari Anas bahwa Rasulullah berkata.

 من صلى الغداة في جماعة ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس، ثم صلى ركعتين كانت له كأجر حجة وعمرة 

Artinya: "Siapa yang mengerjakan sholat subuh berjemaah, kemudian dia tetap duduk sambil dzikir sampai terbit matahari dan setelah itu mengerjakan sholat dua rakaat, maka akan diberikan pahala haji dan umrah." (HR At-Tirmidzi).

4 dari 4 halaman

3. Menghadiri Majelis Ilmu di Masjid

Pada bulan Ramadhan sering diadakan pengajian di masjid. Menghadiri majelis ilmu di masjid ternyata salah satu amalan yang bisa mendatangkan pahala setara haji. Dari Umamah radhiyallahu ‘anha, Nabi bersabda,

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لا يُرِيدُ إِلا أَنْ يَتَعَلَّمَ خَيْرًا أَوْ يُعَلِّمَهُ، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ حَاجٍّ تَامًّا حَجَّتُهُ

Artinya: “Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.”

Nah, itulah tiga amalan berpahala setara haji dan umrah yang bisa kita raih di bulan Ramadhan. Bagaimana, sudah mulai dilakukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.