Sukses

Bacaan Doa Sholat Tahajud di Bulan Ramadhan, Amalkan dan Tunggu Berkahnya

Sholat tahajud adalah salah satu amalan yang penting pada bulan Ramadhan, termasuk memanfaatkan waktu setelahnya dengan berdoa.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang muslim kita dianjurkan memperbanyak ibadah wajib maupun sunnah. Terutama di bulan Ramadhan, waktu yang tepat untuk berlomba-lomba memperbanyak amal sholeh.

Allah SWT akan melipatgandakan semua amal kebaikan pada bulan yang penuh berkah ini. Tak ada waktu yang sia-sia di bulan Ramadhan.

Termasuk waktu sepertiga malam. Di mana salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan ialah sholat tahajud.

Melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam pada bulan Ramadhan memiliki keistimewaan yang luar biasa. Selain itu, sebaiknya kita juga memanfaatkan waktu setelah sholat tahajud ini dengan membaca doa.

Doa merupakan salah satu sarana untuk berkomunikasi dengan Yang Maha Kuasa. Sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk bermunajat kepada-Nya.

Berikut adalah bacaan doa sholat tahajud di bulan Ramadhan, dikutip dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Sholat Tahajud di Bulan Ramadhan

Waktu-waktu di bulan Ramadhan sangat disayangkan jika diabaikan begitu saja tanpa mengerjakan amal sholeh. Sebab amalan apapun yang dilakukan untuk kebaikan akan dinilai ibadah.

Manfaatkan waktu setelah sholat tahajud untuk memperbanyak doa. Doa sholat tahajud di bulan Ramadhan yang kamu panjatkan berpeluang lebih besar untuk dikabulkan Allah SWT. Berikut bacaan doa sholat tahajud di bulan Ramadhan yang perlu kamu amalkan:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

3 dari 3 halaman

Doa Sholat Tahajud di Bulan Ramadhan Sebagai Penutup

Setelah membaca doa sholat tahajud di bulan Ramadhan di atas, selanjutnya kamu bisa menambahkan doa penutup berikut ini:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah waqina adzabannar.

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.