Sukses

6 Tips Hilangkan Rasa Kantuk Setelah Subuh di Bulan Ramadhan

Cara menghilangkan rasa kantuk setelah subuh agar tubuh tetap sehat dan bugar dalan menjalankan ibadah puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Melaksanakan sahur merupakan amalan yang akan menjadi rutinitas selama bulan Ramadan. Selain untuk mempersiapkan diri menjalani puasa, sahur juga mengadung banyak keberkahan di dalamnya.

Akan tetapi barangkali masih ada di antara kita yang langsung tidur setelah sahur dan sholat subuh. Padahal, hal tersebut merupakan suatu kebiasaan buruk dan Islam juga tidak menganjurkan demikian.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah sholat Subuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan yang banyak.” (Madarijus Salikin).

Rasa kantuk yang menyerang usai subuh terkadang memang sulit untuk dilawan, terlebih bagi orang yang bekerja. Rasa kantuk ini bahkan dapat memengaruhi aktivitas mereka di siang hari.

Oleh karena itu, penting bagi seorang muslim untuk mengetahui cara menghilangkan rasa kantuk setelah subuh agar tubuh tetap sehat dan bugar dalan menjalankan ibadah puasa. Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantuk Setelah Subuh

1. Tidur Lebih Awal

Cara menghilangkan rasa kantuk setelah subuh yang pertama adalah dengan tidur lebih awal. Setelah salat Isya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak ingin terlibat dalam pembicaraan yang tidak perlu dan akan pergi ke rumahnya untuk tidur. Ini adalah gaya hidup yang serupa bagi banyak komunitas di mana listrik tidak mengacaukan ritme sirkadian seseorang.

Di bulan Ramadan, Anda bisa menjadwalkan tidur malam usai melaksanakan salat tarawih dan tadarus malam. Jangan sampai Anda terlibat dalam kegiatan yang sia-sia hingga larut malam. Jika Anda masih merasa mengantuk dan perlu tidur lebih banyak, cobalah tidur siang sebelum atau sesudah zuhur.

2. Lepaskan Tiga Ikatan Setan

Cara menghilangkan rasa kantuk setelah subuh yang kedua yaitu dengan melepas tiga ikatan setan sesuai hadis. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan salat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tidak heran jika setan berusaha menghalangi kita dari beribadah kepada Allah dan menghalangi kita dari pagi yang produktif. Namun, Alhamdulillah, kita juga diberi resep untuk melawan bisikannya:

Baca doa berikut: Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Berwudhu dirikan sholat. Kemudian setelah Anda sholat, jangan biarkan tubuh Anda kembali ke tempat tidur. Mungkin menyiram wajah dengan air dingin, makan, atau minum air bisa jadi cara menghilangkan rasa kantuk.

3 dari 4 halaman

3. Berzikir setelah Subuh

Cara menghilangkan rasa kantuk setelah subuh yang ketiga adalah dengan berzikir. Jika Anda masih memiliki keinginan untuk kembali ke tempat tidur setelah Subuh, ingatlah bahwa melanjutkan doa dengan zikir adalah cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

“Para malaikat terus memohon ampun kepada Allah bagi siapa pun di antara kamu, selama dia berada di musalanya (tempat sholat) dan dia tidak mengeluarkan angin (hadas). Mereka berkata, 'Ya Allah! Ampuni dia, Ya Allah! Kasihanilah dia.” (HR. Bukhori).

Semakin lama Anda terjaga, semakin kecil kemungkinan Anda akan kembali tidur.

4. Niatkan Sholat Dhuha

Cara menghilangkan rasa kantuk setelah subuh yang keempat adalah dengan berniat salat dhuha. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah tambahan yang bisa dilakukan kurang lebih 20 menit setelah matahari terbit hingga 45 menit sebelum salat dzuhur.

Dari Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan sholat Dhuha sebanyak 2 rakaat,” (HR. Muslim).

4 dari 4 halaman

5. Membaca atau Menghafal Al-Qur'an 

Cara menghilangkan rasa kantuk setelah subuh yang kelima yaitu dengan membaca Al-Qur'an. Setelah sholat subuh adalah waktu yang cocok untuk menyendiri dengan Al-Qur'an. Sebelum Anda mulai sibuk dengan segala aktivitas dan persiapan pagi, gunakan waktu ini untuk membaca, merenungkan, dan menghafal Alquran. Selain dapat menjadi cara menghilangkan rasa kantuk, Anda juga akan merasakan manfaatnya ketika Anda memulai hari dengan membaca ayat-ayat Allah.

Dari Abu Umamah Al Bahiliy, (beliau berkata), “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bacalah Al-Qur'an karena Al-Qur'an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafa’at) bagi yang membacanya. Bacalah Az-Zahrowain (dua surat cahaya) yaitu surah Al-Baqarah dan Ali Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya (bersambung satu dengan yang lainnya), keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut. Bacalah pula surah Al-Baqarah. Mengambil surat tersebut adalah suatu keberkahan dan meninggalkannya akan mendapat penyesalan. Para tukang sihir tidak mungkin menghafalnya.” (HR. Muslim).

6. Olahraga

Cara menghilangkan rasa kantuk setelah subuh yang terakhir yaitu dengan berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat, terlebih saat menjalani puasa. Cukup dengan olahraga ringan seperti jalan pagi atau peregangan. Dengan olahraga ringan seperti itu akan membuat darah bergerak dan Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki energi untuk tetap terjaga dan memanfaatkan hari dengan sebaik-baiknya. Insya Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.