Sukses

10 Cara Mudah Khatam Al-Qur'an di Bulan Ramadhan, Yuk Praktikkan!

Khatam Al-Qur'an merupakan kegiatan membaca seluruh ayat Al-Qur'an dari awal hingga akhir. Berikut beberapa cara mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak amal ibadah. Selain menjalankan kewajiban berpuasa kita juga dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah sunnah lainnya.

Salah satunya ialah memperbanyak membaca dan mengkhatamkan Al-Qur'an juga sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Khatam Al-Qur'an dapat dilakukan secara pribadi atau berkelompok.

Secara istilah Khatam Al-Qur'an merujuk pada kegiatan membaca seluruh ayat Al-Qur'an dari awal hingga akhir. Dalam prosesnya biasanya membaca ayat-ayat Al-Qur'an secara bertahap hingga selesai dalam jangka waktu tertentu.

Khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan dianggap sebagai amalan yang bernilai dan membawa banyak keberkahan karena dalam bulan ini pahala amal kebajikan dikalikan dengan kelipatannya.  

Berikut adalah beberapa cara khatam Al-Qur'an di bulan Ramadan yang bisa dipraktikkan, dikutip dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengkhatamkan Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

1. Menyeimbangkan Kemampuan dan Target

Penting untuk menentukan kemampuan diri dalam membaca Al-Qur'an dan menetapkan target yang realistis untuk khataman. Dengan menyeimbangkan kemampuan dan target, kita dapat menjaga konsistensi dalam membaca Al-Qur'an selama bulan Ramadhan.

2. Membaca 1 Juz Setiap Hari

Salah satu cara yang efektif untuk mengkhatamkan Al-Qur'an adalah dengan membaca 1 juz setiap hari. Ini memungkinkan kita untuk menyelesaikan seluruh kitab suci dalam 30 hari.

3. Membaca 2 Lembar Setiap Sholat Fardhu

Merupakan kebiasaan yang dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an minimal 2 lembar setiap kali menunaikan sholat fardhu. Dengan melakukan ini, kita dapat melibatkan Al-Qur'an dalam rutinitas sehari-hari kita dan mendekatkan diri kepada Allah.

4. Membeli Al-Qur'an Berukuran Kecil

Untuk memudahkan membaca di mana pun kita berada, disarankan untuk memiliki Al-Qur'an berukuran kecil. Al-Qur'an portabel memungkinkan kita membacanya di perjalanan, di tempat kerja, atau di sela-sela aktivitas sehari-hari.

3 dari 4 halaman

5. Memperhitungkan Masa Menstruasi Bagi Muslimah

Bagi muslimah yang sedang mengalami menstruasi, diperlukan perencanaan khusus untuk menjaga kontinuitas membaca Al-Qur'an. Membaca tafsir atau mendengarkan ceramah agama dapat menjadi alternatif saat tidak dapat membaca Al-Qur'an langsung.

6. Menabung Bacaan Pada Awal Ramadhan

Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah menabung bacaan pada awal Ramadhan. Dengan membaca lebih banyak pada awal Ramadhan, Anda dapat memiliki "cadangan" untuk hari-hari ketika waktu dan energi terbatas.

7. Mengunduh dan Menggunakan Aplikasi Al-Qur'an

Dalam era digital, mengunduh dan menggunakan aplikasi Al-Qur'an pada smartphone atau tablet dapat menjadi cara praktis untuk membaca kitab suci. Aplikasi ini menawarkan fitur seperti pemberitahuan bacaan harian dan tafsir yang membantu memfasilitasi pembacaan Al-Qur'an.

4 dari 4 halaman

8. Membaca Antara Waktu Adzan dan Iqamah

Ketika kita menunggu waktu shalat setelah adzan, kita dapat menggunakan waktu ini untuk membaca Al-Qur'an. Ini memanfaatkan waktu yang biasanya terbuang untuk menjalankan ibadah bonus di samping shalat.

9. Melakukan Tadarus Bersama

Bergabung dengan kelompok tadarus di masjid atau membuat kelompok tadarus bersama teman dan keluarga dapat memberikan motivasi dan inspirasi dalam membaca Al-Qur'an. Dengan saling mendukung dan saling mengingatkan, Anda bisa lebih mudah mengkhatamkan Al-Qur'an.

10. Menggunakan Sistem Reward dan Punishment

Untuk menjaga konsistensi dalam membaca Al-Qur'an, Anda dapat menggunakan sistem reward dan punishment. Misalnya, memberi hadiah kecil setiap kali berhasil mengkhatamkan satu juz atau menambahkan kewajiban beribadah setiap kali tidak mencapai target membaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.