Sukses

Pemprov DKI Gelar Mudik Gratis, 259 Armada Bus Disiapkan untuk Angkut Pemudik

Program mudik gratis ini akan mencakup 19 kota/kabupaten di enam provinsi.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyelenggarakan program mudik gratis untuk masyarakat pada Lebaran 2024. Armada yang akan mengangkut para pemudik sudah mulai disiapkan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, akan tersedia 259 armada bus untuk arus mudik dan 210 armada bus untuk arus balik. Program mudik gratis ini akan mencakup 19 kota/kabupaten di enam provinsi.

"Selain bus, tersedia juga 13 truk untuk arus mudik dan 10 unit untuk arus balik, yang digunakan khususnya untuk mengangkut motor pemudik," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, diterima Rabu (13/3/2024). 

Pemprov DKI Jakarta sedang dalam proses memilih penyedia jasa transportasi untuk program ini. Rencananya, program mudik gratis akan dilaksanakan pada 4 April 2024, dengan perkiraan lebih dari 18.000 warga akan memanfaatkannya.

Program ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan dan volume kendaraan pribadi selama arus mudik, sehingga pemudik bisa sampai ke kampung halaman dengan selamat.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KAI Gelar Mudik Gratis

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung program angkutan Motor Gratis (Motis) yang kembali digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan untuk mengantisipasi kecelakaan saat mudik lebaran.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

"KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis. Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi, serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini," kata dia dalam keterangannya, Selasa (12/3/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini