Sukses

7 Fakta Unik Gus Iqdam yang Jarang Diketahui Para Garangan

Terlepas dari itu semua, rupanya ada fakta-fakta unik lain dari Gus Iqdam yang jarang diungkap dan bahkan para garanngan belum mengetahui.

Liputan6.com, Cilacap - Pendakwah muda yang sangat populer dengan julukan ‘Bose Garangan’, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam memiliki jumlah jemaah yang mencapai ribuan bahkan jutaan.

Pengajian-pengajiannya di berbagai tempat selalu dihadiri ribuan jemaah ST Nyell. Pun demikian dengan ceramahnya di luar negeri, jemaah tumpah ruah memenuhi area pengajiannya.

Hingga beberapa warganet berkomentar bahwa ceramah Gus Iqdam di luar negeri ini seakan-akan berada di tanah air saja.

Sebutan ST Nyell telah mendunia bukan isapan jempol. Dengan sederet fakta, jemaah Gus Iqdam juga banyak yang berasal dari luar negeri.

Terlepas dari itu semua, rupanya ada fakta-fakta unik lain dari Gus Iqdam yang jarang diungkap. Bahkan para garangan belum banyak yang mengetahuinya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Unik Gus Iqdam (1-4)

Berikut ini 7 fakta unik seputar Gus Iqdam sebagaimana dilansir dari tayangan Youtube Mr. Facts Official.

1. Mulai dikenal tahun 2022

Awal mula Gus Iqdam viral dan populer di sosial media adala tahun 2022. Pada tahun itu, Gus Iqdam mulai dikenal luas di masyarakat setelah video ceramahnya viral di berbagai jejaring media sosial.

2. Konsep dakwahnya unik

Konsep dakwah yang dibawakan oleh Gus Iqdam begitu unik. Konsepnya menyentuh hati dan senantiasa mengajak kebaikan sehingga mampu memotivasi serta menginspirasi seseorang.

Gus Iqdam mengajak anak-anak punk untuk bertaubat dan kembali jalan yang benar yakni jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

3. Alumni Ponpes Ploso, Kediri

Gus Iqdam ternyata merupakan alumni dari Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri asuhan dari Kyai Nurul Huda Jazuli.

4. Mendirikan ST Nyell tahun 2018

Gus Iqdam mendirikan Majelis Ta'lim Sabilu Taubah atau yang disebut ST Nyell pada tahun 2018. Awalnya, ST Nyell hanya memiliki 7 jama'ah, namun kini sudah memiliki puluhan ribu jama'ah.

3 dari 3 halaman

Fakta Unik Gus Iqdam (5-7)

5. Sering diundang ceramah hingga ke luar negeri

Gus Iqdam semakin dikenal sebagai salah satu pendakwah muda yang berpengaruh di Indonesia. Bahkan, sering diundang untuk mengisi berbagai ceramah baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

6. Aktif kegiatan sosial

Gus Iqdam senantiasa aktif dalam berbagai kegiatan sosial, misalnya memberikan santunan kepada anak yatim serta membantu korban terdampak bencana alam.

7. Menikah dengan anak kiai besar

Gus Iqdam menikah dengan Nilatin Nihayah atau Ning Nila yang merupakan anak dari salah satu kiai besar di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Gus Iqdam dikarunia seorang anak laki laki yang bernama Gus Novel.

Demikian 7 fakta unik tentang Gus Iqdam yang memiliki jumlah jemaah mencapai jutaan yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.