Sukses

4 Langkah Sederhana Sembuhkan Orang Kesurupan Secara Islami, Jaminan Ampuh!

Cara Ulama Sembuhkan Orang Kesurupan: Bacakan Ayat-ayat Al-Quran dan Doa-doa

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kehidupan nyata, atau tayangan televisi serta platform media sosial, banyaak tayangan atau konten berisi orang kesurupan.

Digambarkan untuk mengobati orang kesurupan itu sangat rumit. Ada yang jampi-jampi, ada pula yang melakukan ritual aneh.

Padahal, sebenarnya menyembuhkan orang kesurupan juga bisa dilakukan dengan cara sederhana. Sebagai muslim, tentu yang dilakukan adalah cara-cara islami.

Sebelum belajar soal bagaimana menyembuhkan orang kesurupan, kita perlu tahu soal definisi kesurupan.

Kesurupan adalah kondisi di mana seseorang tampak kehilangan kendali atas dirinya dan terlihat seolah-olah ada kekuatan lain yang mengendalikan mereka.

Ini biasanya ditandai dengan perubahan perilaku yang drastis, seperti bicara atau bertindak dengan cara yang tidak biasa bagi mereka.

Konsep ini sering dikaitkan dengan keyakinan akan pengaruh entitas gaib atau roh, namun penafsiran mengenai kesurupan bisa sangat bervariasi di berbagai budaya. Ada yang melihatnya sebagai manifestasi dari kondisi medis atau psikologis tertentu, seperti gangguan mental.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panduan Sembuhkan Orang Kesurupan

Mengutip Bincangsyariah.com, dalam pandangan spiritual, kesurupan adalah fenomena ketika seseorang dikuasai oleh makhluk halus, seperti roh, jin, atau setan. Dalam kondisi kesurupan, seseorang akan kehilangan kesadarannya dan bertindak seperti makhluk halus yang menguasainya.

Nah, ulama, telah memberikan panduan pada kita berupa cara menyembuhkan orang yang kesurupan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab I’anah at-Tholibin, juz I, halaman 350 bahwa salah satu cara ulama menyembuhkan orang yang kesurupan adalah sebagai berikut:

أن يؤذن في أذن المصروع سبعا, ويقرأ الفاتحة سبعا, والمعوذتين, وآية الكرسي, (وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ), وآخر سورة الحشر من (لَوْ أَنْزَلْنَا هَذَا الْقُرْأَنَ) إلى آخرها, وآخر سورة الصافات من قوله: (فَإِذَا نَزَلَ بِسَحَاتِهِمْ) إلى آخرها.

Pertama, mengumandangkan azan di telinganya orang yang kesurupan sebanyak tujuh kali. Baik telinga yang kanan atau yang kiri.

Kedua, membacakan surah al-Fatihah sebanyak tujuh kali, surah al-Falaq, surah an-Nas, ayat kursi, dan membaca wassama’ i wattooriq.

Ketiga, membacakan surah al-Hasyr dari ayat law anzalna hazdal qur’an sampai ayatnya selesai.

Keempat, membacakan surah al-Shoffat dari ayat faizda nazala bisahatihim hingga ayatnya selesai.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Juga Bacakan Ayat Kursi Sebanyak Ini

Semua poin di atas tidak merupakan pilihan, melainkan harus dilakukan semua sesuai urutannya. Kemudian, Ketika orang yang kesurupan masih belum sadarkan diri maka dibacakan ayat kursi sebanyak tujuh kali pada sebuah air, kemudian dipercikkan kepada orang yang kesurupan tersebut. Sesuai dengan yang dijelaskan dalam kitab I’ anah at-Thalibin, juz I, halaman 350 bahwa:

وإذا قرئت آية الكرسي سبعا على ماء ورش به وجه المصروع فإنه يفيق.

“Ketika orang yang kesurupan dibacakan ayat kursi sebanyak tujuh kali pada air, kemudian air itu dipercikkan kepada wajahnya maka ia akan sadar kembali”

Dengan demikian, dalam agama Islam, kesurupan biasanya diobati dengan cara membacakan ayat-ayat Al-Qur’an dan doa-doa. Tentu kita berharap kepada Allah, agar yang bersangkutan mendapatkan kesembuhan dari Allah. Sekian keterangan terkait cara ulama menyembuhkan orang yang sedang kesurupan. Semoga bermanfaat. Wallahu Alam.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.