Sukses

Ayam Jantan Berkokok Tengah Malam Tanda Malaikat Datang, Jangan Lalai Lakukan Ini

Bangun Tidur Jangan Siang-siang, Ayam Berkokok Tanda Malaikat Sedang Bagi Rezeki

Liputan6.com, Jakarta - Pesan orang tua, bangun tidur jangan siang-siang nanti rezeki dipatok ayam. Di balik itu, ternyata ada makna mendalam.

Barangkali, leluhur kita dulu menukil pengetahuan dari al-Qur'an dan hadis, namun dibahaskan dengan sederhana dan mudah dicerna.

Kiasan orang tua kita bisa saja ada hubungannya dengan ayam berkokok tanda melihat malaikat. Mungkin saja malaikat pembawa rezeki, sedang datang malam menjelang pagi hari.

Ini mungkin juga ada hubungannya dengan ayam berkokok saat malam hari, adalah pertanda ayam melihat malaikat. Bisa saja keduanya ada hubungannya.

Makanya, paling baik adalah bangun di sepertiga malam dan melakukan ibadah sunnah, atau qiyamul lail. Dengan begitu, ketika ayam berkokok karena ayam jantan melihat malaikat, saat itu kita dalam keadaan siap menerima karunia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Hadis tentang Ayam Berkokok

Mengutip Islampos.com, di antara kita pasti pernah mendengar hadis Rasulullah soal ayam berkokok. Ketika ayam berkokok, kita disunahkan untuk berdoa. Karena saat ayam berkokok itulah, sesungguhnya ayam jantan sedang melihat malaikat.

Rasulullah pernah bersabda, “Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari setan karena dia melihat setan,” (Shahih, HR Bukhari dan Muslim).

Sabda tersebut datang dari berabad-abad lalu, namun ternyata para ilmuwan baru membuktikannya secara nyata belakangan ini.

3 dari 3 halaman

Ilmuwan Temukan Kenyataan Soal Mata Ayam yang Mampu Lihat Malaikat

Adalah sebuah studi dari Jurnal Public Library of Science ONE pada tahun 2010 yang menemukan dan mengemukakan bahwa ayam memiliki kerucut retina tambahan dibandingkan dengan manusia. Hal tersebut memungkinkan hewan unggas ini untuk membedakan warna tambahan dan sebuah fenomena.

Joseph Corbo salah seorang ilmuwan dari Washington University di St Louis, mengatakan bahwa kemampuan untuk melihat warna tersebut berasal dari sel cahaya khusus yang ditemukan di retina mata ayam.

Sel-sel ini disinyalir dapat mendeteksi panjang gelombang cahaya yang berbeda.

Oleh karenanya banyak pepatah lama yang mengatakan, bangunlah sepagi mungkin agar rejeki tidak dipatok ayam.

Nah, mungkin maksudnya, setelah ayam melihat malaikat turun memberikan rezeki di pagi hari, jangan sampai kita manusia justru tak mengambilnya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.