Sukses

Ramalan Gus Iqdam Jelang Pilpres 2024, Singgung Nama Jokowi

Dua ramalan Gus Iqdam yang 'nyrempet' Pilpres. Bagaimana ungkapan gus dekengan pusat ini?

Liputan6.com, Jakarta - Suhu politik di negeri ini mulai menghangat. Jelang Pilpres 2024 ini para mubaligh tanah air memberikan perhatian lebih.

Tak terkecuali Pengasuh Majelis Ta’lim Sabilu Taubah (ST) Pusat Muhammad Iqdam Kholid alias Gus Iqdam.

Bahkan dalam suatu kesempatan Gus Iqdam mengeluarkan ramalan sesuatu yang 'nyrempet' soal Pilpres ini.

Diketahui, ada tiga paslon yang telah ditetapkan nomor urutnya oleh KPU.

Yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut tiga.

Tokoh agama seperti Gus Iqdam ini, pastinya menjadi buruan capres cawapres, dan juga para 'pemain' politik lainnya, seperti para caleg juga.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapa Capres Pilihan Gus Iqdam?

"Sampai detik ini tuh saya belum mengeluarkan pilihan saya siapa, rahasia di dalam hati saya," kata Gus Iqdam saat pengajian di rumah Soimah Pancawati pada gelaran Haul untuk leluhurnya di Pendopo Tulungo Jumat (24/11/2023).

Dengan latar belakangnya Gus Iqdam pendiri Majelis Sabilu Taubah (ST) yang memiliki jutaan pengikut baik di tanah air maupun luar negeri, ini pasti jadi buruan politik.

Jika dicermati, kata-kata pendakwah "dekengane pusat" ini bisa mengandung lebih dari satu tafsiran. Bisa diartikan sudah punya pilihan Capres tapi belum diumumkan, bisa pula hingga saat ini dirinya memang belum menjatuhkan pilihannya.

Gus Iqdam pun mengakui jika istrinya malah tak tahu siapa Capres pilihannya. "Bahkan istri saya tidak tahu. Aku tidak mewajibkan istri saya milih siapa, sudah, terserah kamu mau milih siapa, aku juga gitu. Yang penting kamu jangan meninggalkan aku," kata Gus Iqdam.

Terkait pesta demokrasi yang akan berlangsung di tahun 2024 ini. Ia tidak berkeinginan terseret lebih jauh dalam politik praktis ini.

 

3 dari 3 halaman

Ramalan Gus Iqdam soal Pilpres

Pilpres masih ada rentang waktu beberapa bulan lagi. Suami Ning Nila ini memerikan ramalannya berkaitan dengan Pilpres ini.

Diantaranya bakal ada Capres, Cawapres yang akan datang kepadanya.

"Pasti besok atau kapan, entah itu Capres Cawapres yang akan datang ke sini," ujarnya seperti dalam unggahan di platform TikTok dengan akun @Faza Mumtaza meramalkan.

Adanya hal itu, ia meminta jemaahnya untuk menyambutnya baik, dan jika ada yang pidato di majelisnya bukan berarti Gus Iqdam mewajibkan untuk memilih mereka. "Mereka minta didoakan ya didoakan saja," ungkapnya.

Ramalan kedua, Gus Iqdam menyebutkan selain banyak yang datang Capres dan Cawapres, usai gelaran Pilpres yang bakal datang ke majelisnya adalah Presiden RI yaitu Joko Widodo.

"Nek mari Pilpres insyaAllah yang datang kesini Pak Jokowi, tapi mari pilihan presidan, ben aman kondisine. Cetho yo," tandasnya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.