Sukses

Top 3 Islami: Fakta-fakta Gus Iqdam yang Bikin Soimah Kagum, Bolehkah Penceramah Mematok Tarif?

Ulasan mengenai kekaguman Soimah terhadap Gus Iqdam ini menjadi artikel paling populer di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (3/12/2023)

Liputan6.com, Jakarta - Artis serba bisa, Soimah Pancawati mengungkapkan kekagumannya terjadap pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam. Meski namanya sedang populer, Gus Iqdam disebut Soimah bukan sosok yang nerima.

Soimah mengungkapkan, meski telah menjadi pendakwah terpandang, Gus Iqdam tidak rewel. Dia mau menerima apa adanya dan tidak meminta macam-macam. Dia kagum kepada Gus Iqdam.

Ulasan mengenai kekaguman Soimah terhadap Gus Iqdam ini menjadi artikel paling populer di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (3/12/2023).

Selain itu, ada pula artikel kedua yang tak kalah menyita perhatian yakni, ulasan mengenai hukum penceramah mematok tarif pengajian.

Sementara, artikel ketiga yakni mengenai sosok Jebor, pengatur jadwal pengajian Gus Iqdam yang sukses bikin Soimah ngamuk-amuk.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Saking Kagumnya, Tak Disangka Soimah Sampai Bilang Begini ke Gus Iqdam

Kekaguman akan sosok pendakwah muda asal Blitar Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam ini banyak terlontar dari para jemaahnya.

Tak terkecuali artis kondang bernama Soimah yang kerap disapa “Mae” ini. Soimah banyak bercerita tentang pengasuh Majelis Ta’lim Sabilu Taubah ini.

Sebagaima diketahui, beberapa hari yang lalu Gus Iqdam sempat mengisi acara di pendopo miliknya di Yogyakarta dalam rangka haul leluhurnya.

Potongan video kekaguman Soimah kepada Gus Iqdam ini banyak tersebar di banyak platform semisal TikTok, You Tube, YouTube Short, IG dan lain sebagainya.

Semua video yang tersebar itu mengisahkan kekaguman kepada suami Ning Nila yang memiliki paras rupawan ini.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Bolehkah Penceramah Memasang Tarif Pengajian? Ini Penjelasannya dalam Hukum Islam

Beredar kabar bocoran biaya untuk pengajian Gus Iqdam yang dipaparkan oleh Soimah beberapa hari yang lalu. Soimah mengatakan, ternyata Gus Iqdam tidak mematok tarif ceramahnya.

"Lek Gus Iqdam wi gak tau ngarani, wi mung sak ikhlase awakdewe. Masalah akeh opo ora wi relatif keikhlasanne awakdewe ae," tutur Soimah dikutip dari laman Islami Liputan6.com.

Soimah mengungkapkan bahwa Gus Iqdam tidak pernah memasang tarif pengajiannya. Masalah banyak atau tidak, semua itu berdasarkan keikhlasannya pihak yang akan memberi.

Meski demikian, penceramah biasanya menerima bisyarah atau atau amplop yang berisi uang ala kadarnya dari panitia pengajian atau masyarakat.

Maksud dari pemberian bisyarah ini untuk mengganti biaya transportasi seorang kiai, walapun terkadang ada juga panitia yang telah menyiapkan jasa antar jemput untuk sang kiai.

Dalam kaitannya dengan hal ini penting juga mengetahui hukum penceramah memasang tarif tertentu untuk pengajiannya ini.

Hal ini juga yang menjadi pertanyaan di laman Batsul Masail NU Online yaitu bagaimana kalau penceramah itu memasang tarif ceramah dalam forum keagamaan tertentu?

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Sosok Jebor Penderek Gus Iqdam yang Bikin Soimah Ngamuk-amuk, Intip Profil dan Akun Medsosnya

Belakangan, nama salah satu penderek Gus Iqdam, Jebor mendadak viral. Hal itu tak lepas dari pengajian Gus Iqdam di Pendopo Tulungo, milik artis serba bisa, Soimah Pancawati.

Jebor rupanya bikin Soimah kesel. Alhasil, Soimah ngamuk-amuk kepada Jebor.

Bahkan, usai marah dan mengadukan Jebor ke Gus Iqdam, beberapa hari setelah pengajian pun Soimah kedapatan masih marah. Dengan nada bercanda, Soimah mengancam akan memelorotkan sarung Jebor.

Tentu banyak yang penasaran dengan sosok Jebor. Ternyata, dia adalah pengatur jadwal pengajian Gus Iqdam.

kemarahan Soimah, usut punya usut, dipicu kesalahan informasi dari Jebor, yang tidak mengatakan bahwa ibunda Gus Iqdam, Bu Nyai akan turut hadir ke Yogyakarta.

Mari mengenal lebih dekat Jebor, mulai dari pendidikan, kehidupan hingga akun medsos Jebor. Cekidot!

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.