Sukses

Kata Gus Iqdam Ketika Disebut Hidupnya Bermewah-mewahan

Nama pendakwah muda Muhammad Iqdam atau Gus Iqdam asal Blitar, Jawa Timur semakin populer. Majelisnya, Sabilu Taubah, selalu didatangi jemaah dari berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Nama pendakwah muda Muhammad Iqdam atau Gus Iqdam asal Blitar, Jawa Timur semakin populer. Majelisnya, Sabilu Taubah, selalu didatangi jemaah dari berbagai daerah.

Majelis Sabilu Taubah tak dikhususkan untuk orang-orang Islam. Nonmuslim pun diperkenankan untuk hadir di majelis Gus Iqdam. 

Menariknya, majelis Gus Iqdam menampung para garangan alias anak jalanan seperti anak-anak punk, tukang ngamen, main perempuan, dan sebagainya. Mereka antusias mendengar nasihat dan ceramah Gus Iqdam.

Pemilihan bahasa yang sederhana membuat ceramah Gus Iqdam mudah dimengerti terutama oleh orang awam. Isi ceramahnya pun tak menyinggung orang yang berbeda agama ketika dihadiri nonmuslim.

Gus Iqdam semakin populer seiring potongan ceramahnya banyak diunggah di media sosial. Berkat wasilah potongan ceramah itu membuat orang-orang ingin hadir ke majelis Gus Iqdam.

Namun, yang tampil di media sosial tak melulu soal ceramah Gus Iqdam. Keseharian Pengasuh Pesantren Mambaul Hikam II ini selalu menjadi sorotan warganet.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemewahan Gus Iqdam Disorot

Gus Iqdam dikenal sebagai pendakwah yang sederhana. Namun, belakangan ini Gus Iqdam kerap tampil mewah terutama dengan kendaraannya. 

Beberapa waktu lalu, sejumlah video yang beredar di media sosial memperlihatkan Gus Iqdam mengendarai sebuah mobil mewah mini cooper yang harganya miliaran. Bahkan, Gus Iqdam juga kerap mengendarai motor gede (moge).

Penampilan Gus Iqdam tersebut dipermasalahkan oleh sebagian warganet. Tak segan-segan warganet mengingatkan Gus Iqdam di salah satu unggahan Instagram-nya. 

"Hati-hati gus, ketenaran akan merubah keadaan," tulis akun @masyhudi_p.

3 dari 3 halaman

Ingin Bebas dari Kerumunan Manusia

Dalam unggahan di Instagram, Gus Iqdam seolah menjawab tanggapan warganet yang menyebut dirinya tak lagi sederhana.

"Bukan sudah tidak sederhana. Akan tetapi hanya ingin sesekali bebas dari kerumunan manusia tanpa melalaikan Alloh subhanahu wa tala," tulis Gus Iqdam, dikutip Senin (23/10/2023).

Warganet mendoakan kemewahan yang didapatkan Gus Iqdam semakin bermanfaat dan berkah.

"Semoga semakin manfaat dan berkah Gus @iqdammuhammad_. Semangat," tulis akun @umambalaghy.

"Amiin mas," balas Gus Iqdam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.