Sukses

Top 3 Islami: Jadwal Lengkap Pengajian Gus Iqdam Oktober 2023 hingga Sosok Kakeknya yang Kharismatik

Jadwal pengajian Gus Iqdam ini menjadi artikel terpopuler kanal Islami Liputan6.com, dan menjadi top 3

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah muda Muhammad Iqdam Kholid alias Gus Iqdam kini menjadi salah satu penceramah yang paling populer.

Sesi pengajiannya selalu diikuti oleh puluhan ribu jemaah. Di dunia maya, Gus Iqdam juga kerap mencuri perhatian.

Segala hal tentang Gus Iqdam banyak dicari. Itu termasuk jadwal pengajian Gus Iqdam pada Oktober 2023 ini. Jadwal pengajian Gus Iqdam ini menjadi artikel terpopuler kanal Islami Liputan6.com, dan menjadi top 3, Rabu (4/10/2023).

Dua artikel lainnya yakni mengenai penjelasan Buya Yahya soal apakah Allah akan menciptakan dunia baru setelah kiamat dan profil kakek Gus Iqdam, KH Zubaidi Abdul Ghofur.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jadwal Lengkap Pengajian Gus Iqdam Bulan Oktober 2023

Memang pengajian Gus Iqdam atau yang memiliki nama lengkap Muhammad Iqdam Kholid selalu ditunggu jamaahnya. Baik mengikuti secara langsung maupun live streaming melalui YouTube.

Bisa dicatat di bulan Oktober 2023 ini Gus Iqdam lebih banyak jadwal pengajian di Jawa Timur, daripada di luar kota.

Pencetus slogan 'dekengane pusat' ini saat pengajian selalu dihadiri oleh ribuan jamaah Sabilu Taubah (ST) Nyell.

Bagi Anda yang bingung dengan jadwal pengajian Gus Iqdam ini bisa simak keterangan berikut ini.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Setelah Kiamat, Apakah Dunia Baru Akan Diciptakan? Ini Kata Buya Yahya

Kiamat merupakan hari berakhirnya kehidupan di dunia. Pada hari kiamat semua yang ada di alam semesta akan hancur. Kiamat terjadi atas kehendak Allah SWT yang menciptakan alam semesta ini.

Setelah kiamat, manusia akan memasuki alam akhirat. Pertama-tama, seluruh manusia akan dibangkitkan dari alam kubur (Yaumul Ba’ats). Umat manusia lalu berkumpul di Padang Mahsyar (Yaumul Hasyr).

Kemudian manusia akan menghadapi berbagai fase pascakiamat lainnya seperti Yaumul Hisab (hari perhitungan amal), Yaumul Mizan (hari penimbangan amal), Yaumul Shirath (hari melewati jembatan), dan Yaumul Jaza (hari pembalasan surga atau neraka).

Setelah melewati fase-fase pascakiamat itu, seorang jemaah Al Bahjah bertanya kepada KH Yahya Zainul Ma’arif atau Buya Yahya soal kehidupan dunia baru setelah kiamat.

Pertanyaan ini disampaikan kepada Buya Yahya untuk mempertebal imannya dan mendapat penjelasan yang selama ini menjadi pertanyaan di benaknya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Mengenal Kakek Gus Iqdam dan Kisah Tirakat Puasa Selama 7 Tahun

Gus Iqdam menjadi idola baru dalam dunia dakwah tanah air. Sebelumnya, muncul nama Gus Baha, Gus Miftah, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Abdus Somad dan lain sebagainya yang hingga kini juga masih menjadi idola.

Faktanya, pengajian-pengajiannya selalu dihadiri ribuan jamaah.

Hal ini juga berlaku bagi Gus Iqdam. Meskipun awal berdirinya Majlis Ta’lim Sabilu Taubah ini hanya berjumlah 7 orang jamaah, namun kini jumlahnya telah mencapai ribuan.

Ini membuktikan bahwa Gus yang mempopulerkan istilah ‘dekengane pusat’ dan ‘garangan’ ini memiliki magnet yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia.

Tentunya kehebatan dan popularitasnya yang ia peroleh tidak melalui cara-cara instan. Banyak sekali faktor-faktor yang memengaruhinya.

Salah satunya ialah kakeknya yang merupakan seorang ulama besar dan gemar tirakat. Lalu siapa kakek Gus Iqdam dan tirakat apa yang ia lakukan? Tulisan ini akan menguraikan profil KH Zubaidi Abdul Ghofur.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.