Sukses

Top 3 Islami: Kebaikan Kecil yang Selamatkan Ahli Maksiat di Hari Kiamat, Fakta Danau Thabariyah Sebagai Tanda Kiamat

Ulasan mengenai kebaikan kecil yang menyelamatkan seorang ahli maksiat di hari kiamat menjadi artikel paling populer di kanal Islami Liputan6.com, Sabtu (30/9/2023)

Liputan6.com, Jakarta - Topik kiamat selalu menarik diulas, terutama kiamat kubra. Kiamat kubra merupakan akhir dunia dan kematian seluruh makhluk, terkecuali yang dikehendaki-Nya tak binasa.

Salah satu yang menarik dibahas adalah kondisi pada hari kiamat, amalan yang menyelamatkan, yaumul hisab, hingga tanda-tanda kiamat.

Ulasan mengenai kebaikan kecil yang menyelamatkan seorang ahli maksiat di hari kiamat menjadi artikel paling populer di kanal Islami Liputan6.com, Sabtu (30/9/2023).

Artikel kedua dan ketiga terpopuler juga masih didominasi mengenai kiamat, yakni fakta-fakta mengenai danau Thabariyah atau Tiberias yang disebut Nabi Muhammad SAW sebagai tanda kiamat dan fenomena yang terjadi di hari kiamat menurut ilmuwan.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tatkala Kebaikan Kecil Selamatkan Ahli Maksiat di Hari Kiamat, Ini Amalannya

Pada hari kiamat gunung-gunung akan meletus. Gempa bumi yang lebih besar terjadi. Alam semesta beserta isinya seketika hancur. 

Setelah peristiwa yang amat dahsyat itu, umat manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar. Mereka akan memasuki hari perhitungan dan penimbangan amal yang telah dikerjakan selama di dunia.

Beruntunglah bagi mereka yang berat timbangan kebaikannya karena amalan yang dikerjakan selama di dunia. Timbangan amal baik berat akan akan membawa seseorang ke surga dengan mudah.

Sebaliknya, orang yang selalu bermaksiat dan timbangan buruknya lebih berat ia akan rugi saat itu. Timbangan amal buruk lebih berat pertanda ia akan celaka.

Namun demikian, ada kisah ahli maksiat yang diungkap Rasulullah SAW masuk surga karena kebaikan kecil yang pernah dikerjakannya. Kebaikan tersebut rupanya mengalahkan doa kemaksiatannya.

Selengkapnya simak di sini

3 dari 4 halaman

2. 5 Fenomena yang Akan Terjadi Saat Kiamat Tiba Menurut Ilmuwan

Tak ada seorang pun yang dapat menyangkal datangnya hari kiamat. Bahkan hingga saat ini sudah banyak prediksi-prediksi yang muncul sebagai pertanda datangnya hari akhir tersebut. 

Hari kiamat merupakan peristiwa kehancuran alam semesta. Sebagaimana yang disepakati oleh agama maupun ilmu pengetahuan bahwasanya kiamat sudah menjadi suatu kepastian yang akan terjadi.

Namun demikian di saat nantinya terjadinya kiamat tidak ada yang tahu bagaimana keadaan yang akan terjadi di sekitar. Bahkan beberapa perkiraan yang dikemukakan oleh para para ilmuwan menyebutkan jika manusia tak akan sanggup bertahan hingga saat peradaban hilang terlebih dulu.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Najm Ayat 57-58

اَزِفَتِ الْاٰزِفَةُ ۚ ٥٧ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ كَاشِفَةٌ ۗ ٥٨

Artinya: “(Hari Kiamat) yang dekat makin mendekat. Tidak ada yang akan dapat mengungkapkan (terjadinya hari itu) selain Allah.”

Melansir dari laman merdeka.com, berikut lima fenomena yang akan terjadi saat kiamat datang.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Fakta-fakta Danau Thabariyah yang Disebut Nabi Muhammad Sebagai Tanda Kiamat

Dalam khazanah Islam, danau Tiberias disebut danau Thabariyah. Semula, danau ini menjadi wilayah Palestina dan Suriah, namun kini dicaplok oleh Israel.

Danau Thabariyah cukup populer. Sebab, Rasulullah SAW menyebutnya sebagai salah satu tanda kiamat.

Nama danau ini begitu familier karena dikaitkan dengan tanda kiamat. Konflik di wilayah sekitarnya juga menjadikan danau ini kerap diperbincangkan.

Danau Thabariyah secara geografis masuk di wilayah Palestina dan Suriah. Namun, secara politis atau de facto, kini dkuasai Israel.

Menjelang hari kiamat nanti, air Danau Tiberias disebut Rasulullah SAW akan disedot habis oleh Ya’juj dan Ma’juj.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.