Sukses

Nonmuslim Terkagum-kagum dengan Ceramah Gus Iqdam, Ini Alasannya

Pengajian pendakwah muda Nahdlatul Ulama, Muhammad Iqdam Kholil atau Gus Iqdam sukses menarik simpati umat kristiani. Adalah Martha Agustina, wanita Nasrani yang sudah beberapa kali mengikuti pengajian Gus Iqdam.

Liputan6.com, Jakarta - Pengajian pendakwah muda Nahdlatul Ulama, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam sukses menarik simpati umat kristiani. Adalah Martha Agustina, wanita Nasrani yang sudah beberapa kali mengikuti pengajian Gus Iqdam.

Kehadiran Martha di pengajian Gus Iqdam karena untuk mendampingi kakaknya yang muslim. Ia juga diajak oleh saudaranya dan ternyata malah membuat wanita Nasrani itu senang dengan pengajian pimpinan Majelis Ta'lim Sabilu Taubah.

Saat ditanya Gus Iqdam, wanita nonmuslim ini mengaku takjub dengan cara penyampaian Gus Iqdam yang mudah dipahami. Bahkan, metode ceramahnya Gus Iqdam membuat ia tertarik untuk mengikuti pengajiannya, meskipun ia nonmuslim.

“Saya senang sekali. Gus Iqdam itu selalu lewat (di) TikTok saya. Terus saya lihat orang antusias banget gitu dan saya juga terkena magnet, maksudnya saya tertarik lho. Gus Iqdam cara menyampaikan itu seperti kaya sama temannya,” ungkapnya seperti dikutip dari YouTube Kevin ST Pusat.

Selama mengikuti pengajian di Majelis Sabilu Taubah, wanita nonmuslim ini tidak merasa tersinggung. Gus Iqdam juga tidak keberatan dengan kehadiran umat nonmuslim di pengajiannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Umat Buddha Nyaman dengan Pengajian Gus Iqdam

Sebelumnya, Gus Iqdam juga pernah kedatangan sekelompok mahasiswa Buddha di pengajiannya. Kehadiran mahasiswa nonmuslim itu sempat membuat kaget pimpinan Majelis Ta’lim Sabilu Taubah.

Mudita Wandani, salah satu mahasiswa Buddha yang hadir pengajian berinteraksi langsung dengan Gus Iqdam. Ia menceritakan alasan kehadirannya di pengajian Gus Iqdam karena sangat ngefans dengan pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam II itu.

Kehadiran mahasiswa penganut agama Buddha itu direspons positif oleh Gus Iqdam. Bahkan, pendakwah muda dari Nahdlatul Ulama (NU) ini sangat mengapresiasi mereka.

“Selamat malam saudara,” sapa Gus Iqdam dikutip dari YouTube Dekengane Pusat, Jumat (11/8/2023). 

“Selamat malam, Gus,” jawab Mudita.

Gus Iqdam kemudian bertanya mengapa mereka mau ikut pengajiannya, padahal secara agama berbeda.

“Gimana-gimana. Padahal kamu beda, beda agama sama saya. Kenapa kamu nge-fans sama saya?” tanya Gus Iqdam.

“Saya itu dilihatnya di TikTok. Yang pertama kan muncul (ceramah Gus Iqdam), terus sering muncul. Kok ceramahnya oke buat anak muda. Saya sampai nunjukin ke mbah saya dari ibu, soalnya juga muslim. Mbah ini loh Gus Iqdam. Tak tunjukin ceramahnya,” cerita Mudita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.