Sukses

Kisah Karomah Wali Qutub Kiai Hasan Genggong, Menolong Orang yang Tenggelam di Laut Saat Mengajar di Masjid

Kiai Mohammad Hasan Genggong merupakan seorang wali qutub dari Kraksaan, Pajarakan, Jawa Timur. Ia dikenal juga sebagai wali min ahli dark yang ketika disebut namanya akan hadir atas izin Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta - Kiai Mohammad Hasan Genggong merupakan seorang wali qutub dari Kraksaan, Pajarakan, Jawa Timur. Ia dikenal juga sebagai wali min ahli dark yang ketika disebut namanya akan hadir atas izin Allah SWT.

Kiai Hasan Genggong adalah salah satu wali yang memiliki banyak karomah atas izin Allah SWT. Salah satu karomahnya adalah menyelamatkan orang yang tenggelam di laut padahal dia sedang mengajar di masjid.

Dilansir dari situs Pesantren Tebuireng, Kiai Hasan tengah mengajar ngaji di masjid. Saat itu bertepatan hari Jumat. Tiba-tiba di tengah pengajian ia mengucap "innalillah.. innalillah" sembari mengangkat tangannya ke atas. Lalu sarung Kiai Hasan seketika basah.

Orang-orang yang hadir di pengajian Kiai Hasan terheran-heran, tapi mereka tidak berani untuk bertanya langsung kepada Kiai Hasan.

Pada Jumat berikutnya datang lima orang tamu dari Pulau Bawean dengan pakaian lusuh. Mereka mencari rumah Kiai Hasan Genggong. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berjalan di Atas Air

Kemudian salah satu dari mereka bercerita tentang kejadian Jumat lalu. Perahu yang ditumpanginya tenggelam di tengah laut akibat ombak dan angin besar.

Di tengah kondisi mereka tak berdaya, tiba-tiba datang orang tua yang berjalan di atas air sambil mengucap innalillah… innalillah. Orang tua itu menolong mereka dari tengah laut untuk dibawa ke pinggir.

Sebelum pingsan, mereka sempat bertanya kepada orang tua yang menolong, “Siapa kamu?”  

Lalu orang tua itu menjawab, “Aku adalah Kiai Hasan Genggong.” 

“Kemudian saya mencari di mana Genggong itu dan akhirnya saya menemukannya,” kata salah satu dari mereka yang menceritakan kejadian Jumat lalu sebagaimana dikutip dari situs Pesantren Tebuireng.

Ketika Kiai Hasan keluar menemui lima orang dari Pulau Bawean, mereka mengatakan, “Nah, ini adalah orang yang menolong saya.”

Masya Allah, Kiai Hasan menolong orang yang tenggelam di tengah laut, padahal ia posisinya sedang mengajar ngaji di masjid. Tentu saja karomah Kiai Hasan ini atas izin Allah SWT. Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.