Sukses

Jadwal Puasa dan Bacaan Dzikir Hari Asyura pada Muharram 2023

Untuk melengkapi dan menyempurnakan ibadah di bulan Muharram, terutama puasa Asyura sepatutnya kita juga mengamalkan bacaan dzikir di hari Asyura.

Liputan6.com, Jakarta - Puasa Asyura ditunaikan setiap tanggal 10 Muharram pada kalender hijriyah. Sehingga di tahun ini jatuh pada hari Jumat, 28 Juli 2023.

Puasa Asyura terkenal dengan keutamaannya yang dipercaya mampu menghapus dosa setahun yang lalu.

Apalagi dalam ajaran Islam, bulan Muharram ini memiliki keistimewaan. Bahkan diyakini sebagai bulan suci dan dimuliakan setelah bulan Ramadhan. Salah satu upaya mendekatkan diri pada Allah SWT, bisa melalui puasa sunnah asyura di bulan ini.

Dalam konteks puasa sunah Asyura (10 Muharram), terdapat berbagai amalan Islam yang dapat dikerjakan oleh umat muslim untuk mengiringi ibadah puasa sunnah tersebut. Sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Salah satunya adalah bacaan doa dan dzikir di hari Asyura. Sebelum menjalankan puasa Asyura, umat muslim sebaiknya mengetahui beberapa hal yang terkait. Termasuk bacaan dzikir di hari Asyura yang dianjurkan.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Berdzikir di Hari Asyura

Untuk melengkapi dan menyempurnakan ibadah di bulan Muharram, terutama puasa Asyura sepatutnya kita juga mengamalkan bacaan dzikir di hari Asyura. Konon, umat terdahulu akan diterima taubatnya di hari Asyura. Oleh sebab itu, para ulama menganjurkan untuk memperbanyak dzikir dan istighfar di hari Asyura.

Seperti yang telah dianjurkan oleh Imam Al-Ajhuri, beliau menerangkan bahwa

Barang siapa yang membaca pada hari Asyura:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلِ نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

(Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung dan penolong).

Dibaca sebanyak 70 kali niscaya Allah SWT akan menjaganya dari keburukan tahun tersebut. Rasulullah SAW sendiri yang dosa-dosanya telah diampuni oleh Allah SWT, tak kurang dari 70 kali beliau meminta ampun kepada Allah setiap harinya, seperti yang diriwayatkan Imam al-Bukhari. 

Maka, apakah pantas umatnya yang selalu bergelimang dengan dosa ini tidak meminta ampun kepada Allah setiap harinya? Untuk itu, hari Asyura adalah kesempatan emas bagi umatnya untuk memperbanyak dzikir dan istighfar kepada Allah SWT. 

Sesungguhnya ada banyak faedah bagi orang yang senantiasa meminta ampun kepada Allah SWT. Di antaranya, sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh sahabat Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anh Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang senantiasa beristighfar (meminta ampun kepada Allah), Allah menjadikan setiap kesusahan baginya jalan keluar, setiap kegalauan kelapangan, dan dia diberikan rezeki yang tidak dia sangka-sangka” (HR Abu Dawud).

3 dari 3 halaman

Bacaan Dzikir di Hari Asyura

Berikut beberapa dzikir yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Asyura:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ..... ١٠٠

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ..... ١٠٠

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ..... ١٠٠×

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الخَاسِرِيْنَ..... ١٠٠

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ..... ٤٥٠

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلِ نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ..... ٧٠

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ..... ١٠٠٠×

Itulah bacaan dzikir di hari Asyura yang sekiranya dapat dibaca pada hari ke-10 bulan Muharam nanti. Semoga kita senantiasa diberikan taufik dan hidayah oleh Allah SWT untuk berpuasa, berdzikir dan beribadah kepada-Nya di hari Asyura. Aamiin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.