Sukses

Tafsir Mimpi yang Berkaitan dengan Hari Jumat

Arti mimpi yang berkaitan dengan hari Jumat

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Islam hari Jumat adalah hari agung yang disebut sebagai sayyidul ayyam atau penghulunya semua hari. Hal ini merujuk pada sejumlah dalil yang menunjukkan keagungan hari jumat. 

Lalu, apa artinya jika saat tidur kemudian bermimpi pada sesuatu yang berkaitan dengan hari Jumat? Mimpi melaksanakan sholat Jumat misalnya. Mengenai hal tersebut, Syaikh Ibnu Sirrin dalam kitabnya yang berjudul Mu'jam Tafsirul Ahlam.

Dalam kitab itu disebutkan bahwa orang yang mimpi dan merasa dirinya sedang berada di hari jumat itu artinya Allah SWT akan mengumpulkan kembali perkara atau sesuatu yang tercerai berai, memudahkan urusan yang sebelumnya dianggap sulit, dan akan mendapatkan keberkahan.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Arti Mimpi Berkaitan dengan Hari Jumat

Selanjutnya, dalam kitab itu juga dijelaskan bahwa jika seseorang bermimpi melihat orang-orang sedang melaksanakan sholat Jumat di masjid jami`, sementara ia sendiri berada di rumah, kantor atau tokonya serta mendengar suara takbir, ruku, sujud, tasyahud, salam, hingga orang-orang kembali ke rumahnya masing-masing. Artinya adalah jika seseorang tersebut mempunyai jabatan, maka ia akan lengser dari jabatannya.

Jika seseorang bermimpi menjaga atau melaksanakan sholat di hari Jumat, artinya ia akan mendapatkan kehormatan, kemuliaan, atau kedudukan yang tinggi. Sebagian ahli tafsir mimpi lain menjelaskan bahwa bermimpi merasa sedang berada di hari jumat menunjukkan pada sebuah perkara yang dianggap baik padahal sebenarnya tidak. 

Keterangan berikutnya menyebutkan, barang siapa yang bermimpi melaksanakan sholat Jumat sampai dengan selesai, hal itu menjadi pertanda seseorang akan menjalani perjalanan yang menyenangkan serta memperoleh kebaikan, harta, dan rezeki. Jika orang yang bermimpi tersebut punya hubungan dengan sultan atau penguasa, ia akan mendapatkan perintah untuk mencari sesuatu dan berhasil mendapatkannya. 

Selain itu, mimpi sholat Jumat menjadi pertanda bahwa seseorang akan mendapatkan sesuatu yang diinginkan dan memperoleh apa yang dicita-citakan. Mimpi melaksanakan sholat Jumat juga menjadi pertanda sebuah kebahagiaan, kesenangan, perayaan, dan juga haji karena sholat jumat adalah hajinya orang miskin dan ringkasan sebagian ajaran agama Islam. 

Bermimpi seolah berada di hari Jumat serta melaksanakan sholat Jumat  menjadi pertanda akan meraih kebahagiaan dalam waktu dekat, bertemu dengan orang yang dicintai, dan mendapatkan sesuatu yang selama ini dicari. 

Itulah sejumlah arti mimpi yang berkaitan dengan hari jumat. Arti mimpi tersebut bisa terjadi di alam nyata atau tidak, karena pada hakikatnya Allah punya sifat jaiz yang berhak mengubah skenario dan nasib seseorang kapan pun sesuai dengan kehendak-Nya. Wallahu a`lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.