Sukses

Doa Rasulullah SAW untuk Orang yang Berangkat Haji, Baca dan Amalkan

Sebagai seorang muslim sebaiknya ikut memanjatkan doa kepada mereka yang akan melaksanakan ibadah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Sebentar lagi musim haji segera tiba. Jemaah haji dari berbagai negara di seluruh dunia akan berangkat ke Tanah Suci untuk menyempurnakan Rukun Islam. 

Tak terkecuali Indonesia, sebanyak ratusan ribu jemaah haji tahun 2023 dari Tanah Air akan berangkat secara bertahap ke Tanah Suci. Keberangkatan ini tentu sudah dinantikan mereka dari jauh hari.

Menjelang keberangkatan haji, jemaah asal Indonesia lazim mengadakan walimatus safar haji. Acara ini biasanya diikuti oleh para keluarga, kerabat, atau orang-orang terdekatnya.

Walimatus safar merupakan acara tasyakuran yang di dalamnya terdapat doa bersama agar calon jemaah haji diberi keselamatan, perlindungan, dan kelancaran oleh Allah SWT selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

Sebagai seorang muslim sebaiknya ikut memanjatkan doa kepada mereka yang akan melaksanakan ibadah haji. Mengutip NU Online Jatim, berikut ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk orang yang berangkat haji.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa untuk Orang yang Berangkat Haji

Di bawah ini merupakan doa Rasulullah SAW untuk orang yang berangkat haji lengkap arab, latin, dan artinya.

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Arab-latin: Zawwadakallâhut taqwâ, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta.

Artinya: “Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.” 

Doa tersebut dibaca Rasulullah SAW ketika salah seorang sahabatnya menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini.

Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 187).

Itulah doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk orang yang berangkat jemaah haji. Semoga umat Islam yang melaksanakan ibadah haji tahun ini diberi kelancaran dan menjadi haji mabrur/hajjah mabruroh. Aamiin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.