Sukses

5 Adab Minum Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Terbukti Bermanfaat untuk Kesehatan

5 Adab Minum Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Tak hanya Wajib Duduk

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Islam, segala sesuatunya diatur dengan sedemikian rupa. Ada aturan dan adab yang harus diperhatikan.

Seperti halnya adab ketika minum yang merupakan kebutuhan manusia dalam menunjang kehidupannya. Adab minum dalam Islam perlu dipahami oleh setiap muslim.

Pasalnya, adab minum ini merupakan teladan yang berarti sunnah dari Nabi Muhammad SAW

Adab minum sesuai anjuran Rasulullah SAW berkaitan dengan tindakan dan doa ketika minum. Adab minum bertujuan agar minuman yang dikonsumsi bermanfaat bagi tubuh manusia. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan kesehatan, di mana minuman tersebut nantinya akan bermanfaat untuk tubuh.

Berkaitan dengan itu, merangkum dari berbagai sumber berikut 5 adab minum yang baik menurut Islam.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adab Minum dalam Islam

1. Sebelum minum membaca basmalah

Dalam Islam sendiri telah diajarkan bahwa ketika akan memulai sesuatu hendaknya dengan membaca bismillah. Termasuk sebelum kita minum air, harus mengawalinya dengan doa atau kalimat Allah. Seperti dalam hadis dijelaskan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ketika mulai minum pertama baca Bismillah," (HR. Tirmidzi).

2. Menggunakan tangan kanan

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ , فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

Artinya: "Jika salah seorang dari kalian akan makan, hendaknya ia makan dengan tangan kanannya, dan jika akan minum hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya." (HR. Muslim).

Seperti dijelaskan dalam hadis ai atas disunahkan makan dan minum menggunakan tangan kanan. Sebab jika menggunakan tangan kiri, maka sama dengan mengikuti perbuatan setan.

Bahkan jika seseorang kidal atau selalu menggunakan tangan kiri, maka tetap dianjurkan untuk menggunakan tangan kanannya.

3 dari 3 halaman

Adab Minum dalam Islam

3. Tidak minum sambil berdiri

Minum sambil berdiri merupakan salah satu larangan yang mungkin sudah diketahui oleh kebanyakan muslim. Adab minum dalam Islam yang satu ini disebutkan dalam sebuah hadis, yang artinya:

“Janganlah seorang di antara kalian minum dengan berdiri, apabila ia lupa, maka muntahkanlah.”(HR. Muslim).

Oleh karena itu, sebaiknya selalu minum dalam keadaan duduk. Dalam segi kesehatan pun, minum sambil berdiri dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini karena air yang masuk akan tersebar ke dinding perut dan mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan.

4. Minum dalam tiga tegukan

Banyak orang yang minum sekali tandas atau langsung habis dalam sekali teguk. Padahal, Rasulullah SAW mengajarkan untuk minum dengan tiga kali nafas dengan jeda di setiap teguknya.

Pertama, beliau membaca basmallah kemudian membaca hamdallah. Lantas, menjauhkan gelas dari mulutnya. Hal itu pun diulangi pada tegukan kedua dan ketiga. 

Minum dalam tiga tegukan itu mengandung manfaat kesehatan. Cara tersebut dapat memperkecil tekanan pada jantung dan air dapat terserap dengan lebih baik di dalam tubuh.

5. Membaca hamdalah

Adab minum dalam Islam yang terakhir adalah membaca hamdalah. Sama dengan membaca basmalah di awal, kita juga harus membaca hamdalah dan bersyukur saat sudah minum. Hal ini merujuk pada hadis berikut, di mana Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah Ta'ala menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid sesudah makan dan minum." (HR. Muslim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.