Sukses

Sambil Ngabuburit, Cek Komponen Rem untuk Mencegah Blong saat Mudik Lebaran 2023

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang berencana untuk menggunakan mobil pribadi saat mudik Lebaran 2023, jangan hanya sekedar mengecek mesin dan oli mesin saja. Pastikan untuk mengecek komponen rem secara menyeluruh.

Rem pada mobil berfungsi untuk mengendalikan laju kendaraan terutama saat melakukan perjalanan jauh dan berkendara di jalan tol saat mudik ke kampung halaman.

Menurut Benny Wijaya Lien, General Manager PT Sanjusan Hazana Motor, banyak kecelakaan terjadi di jalan yang disebabkan oleh komponen rem yang bekerja kurang sempurna terutama pada brake pad dan brake fluid.

"Seperti halnya rem blong yang disebabkan oleh daya cengkraman brake pad atau kampas rem yang hilang akibat brake pad dan brake disc yang overheat, sehingga menyebabkan tekanan hidrolik hilang akibat dari brake fluid yang ikut mendidih," terangnya.

Pemilik mobil disarankan untuk melakukan pergantian cairan hidrolik rem (brake fluid) setiap 18 bulan atau 20.000 km dan setiap 10.000 km dílakukan service rem sekaligus untuk mengetahui kondisi ketebalan brake pad.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modifikasi Nyentrik, Motor Skutik Yamaha Mio Pakai Rem Kaki Ala Vespa Jadul

Dunia modifikasi otomotif memang tidak mengenal batas. Mulai dari mengubah tampilan eksterior, meningkatkan performa mesin, hingga mengganti posisi tuas rem dari tangan ke bagian kaki.

Modifikasi nyentrik mengganti posisi tuas rem ini dilakukan oleh seorang pria kepada Yamaha Mio miliknya. Video yang berisikan modifikasi unik ini diunggah oleh akun TikTok @ampunampunsuhu pada Sabtu (11/3/2023).

"Brembo dan kawan2nya minggir dulu, kenalin rem hybrid siap mengantarkan perjalanan mu," tulisnya.

Modifikasi Rem

Awalnya seorang pria memperlihatkan kondisi pengereman di Yamaha Mio miliknya. Rem depan masih berada di tempat seharusnya, peranti untuk mengendalikan kecepatan motor tersebut kondisinya pun masih berfungsi dengan baik.

Namun, tuas rem belakang yang biasanya terletak di setang bagian kiri sudah tidak ada. Ternyata tuas untuk rem belakang dipindahkan ke bagian kaki atau dek motor. Tak hanya hiasan semata, nyatanya rem itu berfungsi dengan normal. Pria tersebut pun lantas mencoba mengendarainya, ketika tuas rem diinjak seketika motor berhenti.

Video yang telah disukai lebih dari 8 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang terhibur melihat modifikasi Yamaha Mio ini.

  • "vespa matic aja remnya ga di kaki, cuman vespa tua yang remnya di kaki 😂," tulis gal***
  • "Mio tapi vespa," komentar villa***"Asik bener kaya pespa lama wkwkw," ungkap J*
  • "gua yg user mio jga trheran2 setelah liat😂," tulis Kumpulan Amadik***
  • "kalau di orang freestyle motor sering menggunakan rem kaki di motor metic nya hehehe," jelas McQueen1****

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.