Sukses

Doa untuk Belajar: untuk Ujian, Daya Ingat, Kesuksesan, dan Pengetahuan

Berikut doa yang baik dibaca saat belajar untuk meningkatkan daya ingat.

Liputan6.com, Jakarta Menuntut ilmu adalah salah satu hal yang sering disebutkan dalam Al-Qur'an. Salah satunya dalam Surah Al Mujadila ayat 11, yang mengatakan bahwa ketika umat Islam memberi ruang dalam pertemuan, Allah akan memberi ruang bagi mereka dengan rahmat-Nya, dan mereka akan diberi ilmu yang berjenjang.

Selain Al Quran, Rasulullah SAW sering menyebutkan tentang pentingnya seorang muslim dalam menuntut ilmu atau mencari ilmu. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, dan lainnya, Rasulullah bersabda, seorang muslim akan lebih dekat sejengkal ke surga jika mencari ilmu.

Berikut doa untuk Belajar seperti dilansir dari TheIslamicInformation:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan menuntut ilmu

Selain mendapatkan surga dan ditinggikan derajatnya, seorang muslim juga mendapatkan keutamaan lainnya jika ingin terus mencari ilmu yang bermanfaat. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, seorang muslim berada di jalan kebenaran yang diridhoi oleh Allah SWT ketika dia belajar sampai selesai dan kembali ke tempat tinggalnya.

Saking pentingnya mempelajari Islam, hadis shahih mencari ilmu bahkan disebut sebagai kewajiban bagi seorang muslim. Dan segala sesuatu di bumi akan meminta pengampunan bagi para pencari ilmu; bahkan ikan, yang di laut, akan meminta pengampunannya.

Berusaha mendapatkan ilmu yang bermanfaat bisa menjadi salah satu amalan yang tidak akan terputus walaupun yang bersangkutan telah meninggal dunia.

Oleh karena itu, sebelum dan sesudah belajar merupakan kegiatan yang positif karena membawa banyak manfaat. Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk membaca doa menuntut ilmu dengan harapan semoga Allah memberkahi kita dan ilmu yang didapat selalu berkah.

Membaca doa belajar dapat membuat orang yang membacanya merasa tenang sebelum mulai belajar. Doa juga merupakan harapan, tujuan, keinginan, dan target yang ingin dicapai. Ketika umat Islam berdoa, mereka tentu ingin semua harapan dan keinginannya dikabulkan oleh Allah.

Dengan membaca doa sebelum dan sesudah belajar, kita dapat lebih mudah menerima pelajaran dan mendapatkan ilmu serta keberkahan dari proses belajar tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.